Bupati Tapsel H. Syahrul M. Pasaribu,SH Resmikan Tugu Kalpataru Hatabosi

/ Sabtu, 23 Januari 2021 / 20.19.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu,SH meresmikan Tugu Kalpataru Hatabosi berlokasi di Desa Tanjung Dolok, Kecamatan Marancar , Sabtu (23/1).


Bupati dalam sambutannya menjelaskan bahwa Hatabosi singkatan dari nama tiga Desa (Haunatas, Tanjung Rompa, Bonan Dolok, dan Siranap). Baru-baru ini dinobatkan oleh Pemerintah RI melalui Kementerian LHK untuk menerima penghargaan Kalpataru.

"Karena, kehidupan Hatabosi sejak ratusan tahun sampau sekarang berhasil menjaga kearifan lokal khusus kelestarikan lingkungan demi terjaganya sumber air yang menjadi sumber kehidupan orang banyak," katanya.

Bupati dalam kesempatan ini juga mengingatkan masyarakatnya secara khusus agar dapat mencontoh kearifan lokal Hatabosi yang secaranturun temurun berhasil menjaga lingkungan demi mempertahankan sumber air.

Sementara Anggota Komisi XI DPR RI Gus Irawan Pasaribu yang hadir dalam kesempatan ini mengatakan, tugu Hatabosi ini harus dimaknai sebagai warisan nenek moyang yang harus dilestarikan. 

"Semoga penghargaan tertinggi dibidang lingkungan hidup ini menjadi role model bagi daerah lain di Sumatera Utara," katanya seraya berharap Hatobosi tidak hanya meraih penghargaan tingkat nasional, akan tetapi bisa ke tingkat internasional.

"Saya berharap agar Bupati masa depan Tapanuli Selatan agar mampu mewujudkan kearifan lokal Hatabosi mamou meraih penghargaan hingga ke tingkat internasional," kata Gus Irawan.

Salah satu Tokoh masyarakat Marancar DR Fahrian Siregar sambutannya mengisahkan berbagai hal tentang proses demi proses yang dilalui hingga Hatabosi masuk nominasi peraih Kalpataru dari KLHK RI. 

"Hatabosi harus kita jaga dan lestarikan hingga ke anak cucu kita," ajaknya sembari mengenang kebersamaannya bersama almarhum Panusunan Pasaribu dalam memperjuangkan Hatabosi agar bagaimana diakui dikancah nasional sebagai warisan dunia.

Acara yang ditandai dengan pengguntingan pita Tugu Hatabosi ini dirangkai penyerahan bantuan berupa Mesin Penggiling kulit manis dari PLTA Batang Toru untuk disumbangkan ke masyarakat Tanjung Dolok.

Turut hadir di acara ini Hadir Anggota DPRD Sumut Fraksi Golkar Syamsul Qamar, Tokoh Pemuda Dolly Parlindungan Pasaribu, Ketua DPRD Tapsel Husin Sogot Simatupang, Tokoh masyarakat, dan jajaran pejabat Pemkab Tapsel.(PS/BERMAWI)
 
Komentar Anda

Terkini: