Letkol Laut (P) Robinson : Bupati Asahan Dan Walikota Tanjungbalai Dukung Rencana Pengerukan Sungai Asahan

/ Rabu, 13 Januari 2021 / 23.06.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-ASAHAN
Bertepat di Gazebo Mako Lanal Tanjungbalai-Asahan yang dilaksanakannya pertemuan Coffe Morning,Bupati Asahan, H Surya dan Walikota Tanjungbalai, H Syahrial mendukung rencana dilakukannya pengerukan sungai Asahan. 
Saling dukungan tersebut terungkap dalam pertemuan tersebut yang dihadiri masing-masing Forkopimda di Kota Tanjungbalai dan Kabupaten Asahan.

Komandan Lanal(Danlanal) Tanjungbalai Asahan, Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory menyampaikan maksud dilaksanakannya pertemuan tersebut adalah untuk membahas tindak lanjut pengerukan Sungai Asahan. Pasalnya kondisi sungai sangat menghawatirkan apabila tidak segera dilakukan pengerukan.Rabu, (13/1/21).
Robinson menjelaskan akibat dari pendangkalan Sungai Asahan akan membawa dampak buruk bagi mahluk hidup di sekitarnya disamping itu juga mengakibatkan penumpukan material padat di aliran sungai Asahan yang dapat mencemari kualitas air sungai yang mengancam kehidupan manusia. 
"Harapan kita pertemuan ini bisa menjadi langkah awal untuk mengatasi pendangkalan sungai Asahan," ucap Robinson.

Menanggapi apa yang disampaikan Danlanal, Bupati Asahan H. Surya mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan sudah membuat kesepakatan dengan Pemerintah Kota Tanjungbalai untuk mencari solusi pendangkalan Sungai Asahan.

Surya juga memaparkan pihaknya sebelumnya telah melakukan pertemuan dengan Kementerian LH dan Kehutanan Republik Indonesia, Kementerian PU dan Perumahan Rakyat RI, Kementerian Perdagangan RI, Kementerian Perhubungan RI, Pemkab Asahan dan Pemko Tanjungbalai.

Dari pertemuan yang dilakukan, telah diambil kesepakatan berdasarkan beberapa kajian antara lain dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat USU yang menyimpulkan bahwa timbulnya sedimentasi di sepanjang sungai Asahan berkontribusi terhadap kerusakan lingkungan, yang berdampak layunya ekonomi dan problematika sisial serta banjir, bahwa pengerukan sungai Asahan sudah sangat mendesak.

“Saya berharap antara Pemkab Asahan dan Pemko Tanjungbalai apalagi didukung Forkopimda masing-masing dapat menghasilkan progres yang nyata demi terlaksananya pengerukan Sungai Asahan dalam waktu dekat.”sebut Surya.
Acara juga di hadiri pihak ketiga,yakni perusahaan PT Tri Sakti Cemerlang yang insyaallah akan melakukan pengerukan tersebut nantinya. (PS/SAUFI)
Komentar Anda

Terkini: