Menaker Akan Bantu Pengrajin Tenun Ulos Di Samosir

/ Jumat, 29 Januari 2021 / 19.37.00 WIB
POSKOTASUMATERA.COM-SANOSIR - Menteri Ketenaga Kerjaan (Menaker) Republik Indobesia, Dr. Hj Ida Fauziyah M.Si berjanji akan membantu fasilitas dan pendampingan, baik dari peralatan pendukung dan aspek pemasaran terhadap penenun ulos yang ada di Kabupaten Samosir.

"Bertenun ini harus bisa menjadi modal yang baik untuk memberikan kehidupan bagi masyarakat. Untuk itu kita berusaha memberikan nilai tambah bagi para tenun ulos ini”. Kata Ida Fauziyah, Jumat (29/1) pada kunjungannya ke Kabupaten Samosir saat meninjau langsung penenun kain ulos. 

Kedatangan Menaker yang sekaligus meningkatkan SDM dan perluasan kerja di kawasan danau toba itu disambut oleh Bupati Samosir didampingi sejumlah pimpinan OPD dan Forkopinda Kabupaten Samosir. Rapidin mengucapkan selamat datang di Samosir Negeri Indah Kepingan Sorga  

Dikampung ulos, Lumban suhi suhi Kecamatan Pangururan, sosok Menteri Perempuan itu melihat langsung cara menenun ulos. Dia juga berjanji bahwa pihaknya akan sangat concern mempertahankan keterampilan tradisi masyarakat batak yang luar biasa itu.

Untuk itu Menteri Ida mengatakan pihaknya akan langsung berdiskusi dengan Bupati, Kepala Desa dan para penenun tentang kebutuhan dan yang perlu dilakukan  Kementerian untuk pengembangan tenun tersebut. baik akses modal maupun akses pasar. 

Menurutnya, pendampingan dan pelatihan yang dilakukan bersama sama menjadi langkah yang tepat kepada masyarakat khususnya di Kawasan Danau Toba dan Sumatera Utara umumnya, agar bisa aktif berkontribusi bersama membangun Danau Toba sebagai destinasi pariwisata super prioritas. (PS/PL)

Komentar Anda

Terkini: