Operasi VBSS, Lanal Tanjungbalai-Asahan Gelar Simulasi Pengejaran Perompak

/ Kamis, 04 Februari 2021 / 23.56.00 WIB

Simuliasi : Tim Visit Board Search and Seizure (VBSS) Pangkalan TNI Angkatan Laut (LanalTanjungbalai-Asahan mengejar perompak di perairan Pulo salah namo, Kabupaten Batubara (POSKOTA/SAUFI)
POSKOTASUMATERA.COM-BATUBARA
Kawanan perompak yang melakukan penyanderaan penumpang di salah satu kapal kayu. Satu orang tewas ditembak tim Visit Board Search and Seizure (VBSS) Pangkalan TNI Angkatan Laut (LanalTanjungbalai-Asahan .Kejadian ini merupakan simulasi dalam operasi yang digelar untuk meningkatkan kesiapan prajurit dalam menindak kejahatan laut.

Dalam simulasi itu,kawanan perompak meminta nahkoda kapal untuk memutar haluan. Perompak akhirnya berhasil diamankan dan penumpang yang disandera diselamatkan oleh Tim 
satuan tugas antiteror tim VBSS TNI Angkatan Laut Lanal  Tanjungbalai-Asahan. 

Komandan Lanal Danlanal Tanjungbalai Asahan TB-A Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory menyebutkan bahwa kegiatan yang dilakukan selain simulasi latihan penembakan juga simulasi Visit Board Search and Seizure (VBSS) dalam penyelamatan terhadap kapal yang disandera oleh perompak.Yakni,simulasi operasi penyelamatan sandera.

Menurut Danlanal dalam simulasi menceritakan bahwa simulasi ini merupakan informasi adanya peristiwa perompakan. Jadi dengan itu Pangkalan TNI Angkatan Laut Lanal Tanjungbalai Asahan  langsung menerjunkan satuan tugas antiteror tim VBSS untuk menyelamatkan para sandera. 
Sebelum berhasil menguasai kapal, petugas sempat terlibat baku tembak dengan perompak. Satu perompak di ceritakan tewas dalam kejadian tersebut dalam hasil simulasi latihan VBSS (Visit Board Search and Seizure) kali ini.


Simulasi VBSS dalam operasi peristiwa perompakan, dipimpin Danposal Tanjung Tiram Letda Mar Candra, prajurit Lanal TBA dalam penyelamatan.

Giat simulasi  tersebut,Komandan Lanal Tanjungbalai Asahan Letkol Laut ( P) Robinson Hendrik Etwiory, S.E  memimpin langsung apel kelengkapan prajurit Lanal TBA di dermaga Panton Bagan Asahan yang akan berlatih di Pulau Salanamo Kabupaten BatuBara.
Dengan Sarana Patkamlam SLG 1-1-57, Patkamla SSG 1-1-47, Patkamla 1-1-61, dua unsur RHIB Searider yang dilengkapi senjata GPMG 7,62 mm, prajurit Lanal TBA siap melatih kemampuan menembak dilaut dan VBSS.

"Latihan ini dilakukannya guna untuk menjaga profesionalisme Prajurit TNI Angkatan Laut,"sebut Danlanal.

(PS/SAUFI)


Komentar Anda

Terkini: