BNN Tapsel Raker Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba Di Lingkungan Instansi Pendidikan

/ Senin, 29 Maret 2021 / 18.53.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Badan Nasional Narkotika (BNN) Kabupaten Tapanuli Selatan melalui seksi P2M BNN Kabupaten Tapanuli Selatan melaksanakan kegiatan  rapat kerja pemberdayaan masyarakat anti narkoba di lingkungan Instansi Pendidikan yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Muara Batang Toru Senin, 29 Maret 2021.


Kegiatan Rapat Kerja Pemberdayaan masyarakat anti narkoba di lingkungan pendidikan dengan mengundang beberapa beberapa Kepala Sekolah Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTS), Kepala SMK  Muara Batangtoru,Siswa/i, Komite Sekolah, Pegawai Puskesmas ,pegawai Kantor Camat Batangtoru  yang berjumlah 30 dalam rangka untuk mensinergiskan program yang ada dalam masing – masing Sekolah untuk menjadi program bersama.

Nara sumber dalam kegiatan rapat kerja Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Selatan Amros Karangmatua, SH yang diwakili Kabid Kebudayaan HR. Ranto, S. Ag,  Camat Kecamatan Muara Batangtoru Abdul Gani Lingga, SH,  Kepala SMP N 2 Batangtoru Devi Angraini Rangkuti, M. Pd dipandu Kasubbag Umum BNN Kabupaten Tapanuli Selatan. 

Camat Muara Batangtoru dalam Abdul  Gani Lingga,SH dalam arahannya sekaligus membuka acara tersebut menyampaikan kepada peserta bahwa kegiatan sangat perlu dan ilmu yang diperoleh dalam kegiatan ini agar disampaikan di tempat tugas masing masing. Seterusnya kepada BNN Kabupaten Tapanuli Selatan kami mengucapkan banyak terimakasih, dan kiranya acara seperti i ini agar rutin dilaksanakan di Kecamatan Muara Batangtoru.  

Camat Muara Batangtoru  menyampaikan pentingnya kepedulian semua pihak untuk ikut serta mendukung program P4GN yang menjadi tanggungjawab bersama. Kita sudah tahu bersama filsafat orang Tapanuli Yaitu hita sudena Saanak Saboru, suman Namarsadaina,  artinya dalam mencegah penyalahgunaan narkoba semua anak anak yang ada di Tapanuli Selatan ini umumnya dan khususnya Kecamatan Muara Batangtoru sudah kita anggap anak kita sendiri,  jadi kalau salah kita tegor," ujarnya. 

Jadi kepada Bapak/Ibu Kepala Sekolah silahkan study banding ke SMP N 2 Batangtoru untuk menerapakan Relawan sekolah anti narkoba, " Beber Camat. 



Materi selanjutnya disampaikan oleh Kepala Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Selatan yang diwakili Kabid Kebudayaan HR. Ranto, S. Ag  dalam penyampaian materinya mengatakan bahwa tujuan dari Raker ini adalah mengatur dan melancarkan pelaksanaan upaya pencegahan dan fasilitasi pemberantasan penyalahgunaan narkotika agar dapat terselenggara secara terencana, terpadu, terkoordinasi, menyeluruh dan berkelanjutan. Memberikan perlindungan kepada masyarakat, serta membangun partisipasi masyarakat, dengan harapan masyarakat Kabupaten Tapanuli Selatan umumnya dan khusunya Lingkungan Pedidikan  dapat sadar, sehat, produktif dan bahagia tanpa narkoba.

 Lebih lanjut disampaikannya," pentingnya Sinergi Kegiatan P4GN Lingkungan Pendidikan  dengan BNN Kabupaten Tapanuli Selatan. Saat ini, Narkoba sudah masuk ke semua lingkungan, baik pemerintah, aparat, swasta, termasuk lingkungan Pendidikan. Maka untuk penanggulangan masalah narkoba diperlukan upaya yang terpadu melalui berbagai aspek, baik itu pencegahan, pemberantasan sampai kepada rehabilitasi. 

Untuk mewujudkan program tersebut diperlukan dukungan, komitmen dan sinergisitas dari semua pihak dalam rangka mewujudkan dan menjadikan Kabupaten Tapanuli  bebas narkoba.

 Setelah Raker ini, diharapkan Tim Terpadu P4GN Sekolah dapat segera menyusun Rencana Aksi di sekolah untuk Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di Lingkungan Pendidikan.

Seterusnya Kepala SMP N 2 Batangtoru Devi Angraini, M. Pd menyampaikan bahwa dalam rangka memberantas penyalahgunaan narkoba di Sekolah,kami sudah menganggarkan dana bos. Untuk sekolah kami sudah membuat tim relawan  kopra, artinya komunitas  Anti narkoba. Di sekolah sudah  dibuat spanduk anti narkoba. Jadi intinya relawan narkoba sudah dibentuk di Sekolah kami.  

Devi Angraini, M.Pd berharap sekolah di Kecamatan Muara Batangtoru ini juga membuat seperti sekolah  SMP 2 Batangtoru,  Jadi Kalau ada yang kurang dimengerti silahkan datang ke sekolah kami," ujarnya.

Pantauan awak media online acara raker pemberdayaan masyarakat anti narkoba di lingkungan instansi pendidikan  di aula Kantor Camat Muara Batangtoru berjalan aman dan lancar dan diakhiri dengan sesen tanya jawab dan foto bersama.(PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: