Bupati dan Wakil Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor- Mutsyuhito Solin Dilantik Gubsu Sesi Kedua

/ Selasa, 02 Maret 2021 / 19.56.00 WIB

"Gubsu lantik Franc Bernhard Tumanggor-Mutsyuhito Solin Bupati dan Wakil Bupati Pakpak Bharat"
POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN : Bupati dan Wakil Bupati Pakpak Bharat: Franc Bernhard Tumanggor-Mutsyuhito Solin dilantik Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi pada sesi kedua sekitar pukul 14.00 wib,kembali melantik lima kepala daerah hasil Pilkada Serentak 2020. Pelantikan ini merupakan sesi kedua yang digelar sepanjang hari ini.

Pelantikan sesi kedua tersebut lima kepala daerah hasil Pilkada Serentak 2020,dan pelantikan dilaksanakan di Aula Tengku Rizal Nurdin, rumah dinas Gubsu, Medan, pada tanggal (26/02/2021). Sedangkan pelantikan sesi kedua ini juga disiarkan melalui akun YouTube Info Sumut yang dikelola Diskominfo Sumut.

Adapun kepala daerah yang dilantik pada sesi kedua ini adalah:
1. Bupati dan Wakil Bupati Pakpak Bharat: Franc Bernhard Tumanggor-Mutsyuhito Solin                             
2. Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga: Jamaluddin Pohan-Pantas Maruba Lumbantobing
3. Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu Utara: Hendriyanto Sitorus-Samsul Tanjung
4. Bupati dan Wakil Bupati Toba: Poltak Sitorus-Tonny M Simanjuntak
5. Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Selatan: Dolly Putra Parlindungan Pasaribu-Rasyid Assaf Dongoran.

Pelantikan diawali dengan menyanyikan 'Indonesia Raya'. Selanjutnya dibacakan surat keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terkait pengangkatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan hasil Pemilihan Kepala Daerah 2020.

Acara selanjutnya pengambilan sumpah jabatan sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan. Kepala daerah yang dilantik kemudian diminta menandatangani pakta integritas.

Dalam sambutannya, Gubsu Edy mengingatkan pelaksanaan demokrasi yang ada di Indonesia. Dia mengatakan demokrasi di Indonesia sudah dua kali berganti.

"Saya mau sampaikan, Indonesia sudah dua kali ganti sistem demokrasi. Pertama pemilihan tidak langsung, reformasi '98 berubah menjadi demokrasi langsung," ucap Edy dalam sambutannya.

Edy kemudian mengatakan, bagaimanapun jenisnya, pelaksanaan demokrasi ini bertujuan menyejahterakan rakyat. Untuk itu, dia meminta kepala daerah yang dilantik bekerja sama dengan DPRD untuk menyejahterakan rakyat.

"Tidak ada demokrasi yang bercita cita rakyatnya sengsara. Anda harus kreatif, Anda harus inovatif. Bersama DPR untuk bisa membangun kesejahteraan rakyat," jelasnya.

SebelumnyaGubsu Edy sudah melantik enam kepala daerah di Sumut pagi tadi. Dengan pelantikan sesi kedua ini, sudah ada 11 kepala daerah hasil Pilkada Serentak 2020 yang dilantik.

Pada sesi pertama, ada enam pasang kepala daerah yang dilantik Gubsu Edy, di antaranya Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan, Bobby Nasution dan Aulia Rachman; Wakil Wali Kota Binjai, Amir Hamzah (wali kota terpilih, Juliadi, meninggal dunia); serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungbalai, Muhammad Syahrial dan Waris Thalib.

Selain itu, Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya dan Adlin Umar Yusri Tambunan; Bupati dan Wakil Bupati Asahan, Surya dan Taufik Zainal Abidin; serta Bupati dan Wakil Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor dan Oloan P Nababan.(PS/K.TUMANGGER/dn)



Komentar Anda

Terkini: