Bupati Pakpak Bharat Hadiri "Grand Opening Rumah Produksi Teh Gambir Papun

/ Minggu, 07 Maret 2021 / 17.52.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-PAKPAK BHARAT -
Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor hari ini menghadiri pembukaan dan peresmian "Rumah Produksi Teh Celup Gambir Papun" di Desa Kaban Tengah, Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe,Jumat (05/03/2021).

Usaha kecil yang dirintis oleh Edisah Putra Berutu, SE bekerja sama dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Pakpak Bharat.

Di tempat produksi yang masih baru ini Bupati disambut oleh Edisah Berutu bersama beberapa orang pelaku Usaha Mikro Kecil dan menengah yang memang sengaja menunggu kedatangan orang nomor satu di Pakpak Bharat ini. Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM  Mordehai Orba Suntuk Manik, SH, MH turut mendampingi Bupati Pakpak Bharat dalam kunjungan ini. Franc Bernhard Tumanggor mengatakan sangat tertarik dengan minat dan tekad para pelaku UMKM ini dalam mengembangkan serta menggali potensi-potensi lokal untuk mereka kembangkan menjadi sebuah sumber penghasilan

Ini bagus dan perlu dikembangkan terus kedepannya, disamping dapat mendatangkan pendapatan bagi para pelaku usaha sendiri, usaha seperti ini juga membantu para petani dan produsen gambir dalam memasarkan hasil pertanian mereka. Saya juga latar belakangnya pengusaha, dan susahnya membuka usaha seperti ini adalah ditahun-tahun pertama yang harus bekerja ekstra keras terutama dalam hal memasarkan hasil produksi kita, saya harapkan para pelaku Usaha Mikro, Kecil dn Menengah yang saat ini berkumpul di sini jangan menyerah dan jangan cepat putus asa, mari sama-sama kita carikan solusi bagi permasalahan yang kalian hadapi dalam membangun usaha-usaha serupa ini, sekali lagi ini untuk membantu kalian semua, ucap Bupati dalam arahannya.

Edisah Berutu, pemilik Rumah Produksi ini menyampaikan antara lain rasa terimakasihnya atas perhatian dari Pemerintah Pakpak Bharat terutama Bupati Pakpak Bharat dalam hal membantu para pelaku UMKM seperti dirinya sendiri

Kami sampaikan banyak terima kasih atas kunjungan Bapak Bupati ke acara Pembukaan Rumah Produksi Teh Gambir Papun di Dusun yang cukup jauh ini, Desun Lae Mbulan Desa Kaban Tengah. Kami berterimakasih juga kepada Bapak Kepala Dinas Perindagkop dan UMKM atas kehadirannya. Kami juga merasa bangga dan terhormat atas kunjungan tersebut. Kedepannya kami berharap usaha Produksi Teh Gambir ini semakin maju, dan menjadi sebuah ikon Pakpak Bharat, dengan begitu pasti akan sangat membantu perekonomian masyarakat termasuk juga akan menjadi penyedia lapangan pekerjaan.  Saya yakin dengan dukungan penuh dari Pemerintah Pakpak Bharat harapan ini akan bisa terwujud, ungkapnya optimis.

Dia juga menambahkan bahwa saat ini prosuksi hasil olahan Rumah Produksi ini kini sudah dipasarkan ke Kota Medan, Bogor dan Aceh.

Ditanya mengenai arti kata "papun" pada label produksinya ini, sembari tersenyum dia menjelaskan papun itu adalah singkatan dari "Pakpak Punya"

Sementara itu Kepala Bidang Industri dan Perdagangan Dinas Perindustrian, perdagangan,Koperasi dan UMKM Pakpak Bharat Duma Rita Purba, SP menyampaikan harapan besarnya dengan kehadiran produk gambir baru ini. Dengan adanya produk baru olahan gambir ini kita berharap gambir Pakpak Bharat ini akan semakin berdaya guna dan semakin dikenal bahkan secara nasional, ungkapnya penuh harap.

Teh Daun Gambir produksi Rumah Gambir Papun ini punya daya tarik tersendiri dengan menghadirkan aroma khas bunga melati yang semakin menambah cita rasanya. Aroma melati yang dipadukan dengan aroma daun gambir yang diracik dengan keahlin khusus mampu memberikan sensasi tersendiri bagi para penikmat teh.(PS/K.TUMANGER)

Komentar Anda

Terkini: