DPRD Samosir Konsultasi BUMDes Ke Humbahas

/ Senin, 15 Maret 2021 / 19.00.00 WIB
POSKOTASUMATERA.COM-SAMOSIR - Pimpinan dan Komisi I DPRD Kabupaten Samosir melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) untuk mempelajari pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang ada disana.

"Kemarin kita kunjungan kerja ke Kabupaten tetangga Humbahas untuk konsultasi dan koordinasi tentang pengelolaan BUMDes, sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat desa itu sendiri". kata Ketua DPRD Samosir, Saut Martua Tamba kepada wartawan, senin (15/3) di Parbaba.  

Katanya, kunjungan mereka itu diterima oleh Wakil Ketua DPRD Humbahas, Marolop Manik, Ketua Komisi B Bresman Sianturi, dan Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perempuan dan Perlindungan anak (DPMDP2A) Kabupaten Humbahas. 

Sesampai disan, kita menyampaikan tujuan kunjungan kita yang ingin mendalami sejauh mana pengelolaan BUMDes di Humbahas. Mulai dari awan mendirikan, pengelolaanya, serta hak dan tanggungjawab para anggota. 

Kadis DPMDP2A Humbahas menjelaskan sejumlah langkah dan bidang BUMDes yang ada di Kabupaten Humbahas. "Kita sangat proaktif mendorong seluruh desa di Humbahas ini agar mwndirikan BUMDes, ataupun kelompok perempuan sebagai upaya pemberdayaan masyarakat serta peningkatan perekonomian masyarakat serta Pendapatan Desa itu sendiri". Kata Kadis.  

Jadi BUMDes di Kabupaten Humbahas itu rata rata bergerak dibidang pertanian dan peralatan pesta  seperti kios tani, sewa traktor, perkakas pesta, rumah kompos dan toko sembako. Hasil konsultasi kita itupun akan kita sampaikan ke dinas terkait di Kabupaten Samosir ini. Jelasnya. (PS/PL)
Komentar Anda

Terkini: