Humas BC : 443 Pakaian Bekas DiAmankan Didalam 3 Truck, BC Masih Lakukan Penyelidikan Mencari Tahu Pemilik

/ Rabu, 17 Maret 2021 / 18.02.00 WIB

Sejumlah wartawan saat konfirmasi bersama Humas BC Tanjungbalai,Lia may Sarah didampingi Bintang J.Purba (POSKOTA/SAUFI)

POSKOTASUMATERA.COM-TANJUNGBALAI
Humas BC Teluk Nibung, Lia May Sarah didampingi Penyidik, Bintang J Purba saat ditemui sejumlah wartawan Selasa (16/3/21),di kantornya mengatakan bahwa sebanyak 443 ballpress yang ditangkap BC Teluk Nibung dalam 3 truk kontainer akan dimusnahkan. 


Lia menyebutkan,Sementara untuk truk pengangkut serta 212 kotak lainnya akan dikembalikan ke pemiliknya.

Menurutnya,sejak diamankan 2 minggu lalu sampai saat ini, truk beserta ballpress masih di tempat penimbunan pabean (TPP) serta masih proses penelitian. 

"Untuk ballpress statusnya sudah BDN atau barang dikuasai negara,jika penelitiannya tidak sampai pada tindak pidana, maka seluruh ballpress itu akan dimusnahkan,"tegas Lia may Sarah.


Lanjut Lia, saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan untuk mencari tahu pemilik ballpress tersebut. 

Dan untuk ketiga sopir truk sudah dipulangkan setelah dimintai keterangannya.

Yakni,(SC), Sipaku Area, warga Simpang Empat, (S),warga  Sipaku Area, Simpang Empat dan (JM), warga Hessa Perlompongan, Air Batu sudah kami mintai keterangan siapa pemilik dan dari mana didapat barang angkutan ballpres itu tersebut.

Kita ketahui barang itu dari Pekanbaru namun tidak disebutkan expedisi mana, supir hanya menyebutkan dari sebuah gudang.

"Untuk pemiliknya kita masih lakukan penyelidikan. Sementara untuk truk pengangkutnya, akan dikembalikan ke pemiliknya yang kita ketahui warga Simpang Kawat Asahan. 

Tujuannya supaya kita tidak dituduh merampok. Hal ini sudah sesuai UU Kepabeanan Nomor 17 Tahun 2006," ucapnya.

Sedangkan untuk untuk 443 ballpress dan 212 kotak barang diamankan sudah kita bawa ke Gudang BC kita dijalan Bagan Asahan.

Lebih lanjut dijelaskan Lia, dari keterangan sopir truk, ballpress itu diambil dari beberapa gudang di Pekanbaru untuk dibawa ke Medan.

"Mereka (sopir) itu sebagai penyedia jasa ekspedisi, yang hanya diupah membawa barang barang itu ke Medan sehingga tidak bisa kita lakukan penahanan, "sebutnya.

Sebelumnya dilansir ,tiga truk kontainer berisi ratusan ballpress diamankan petugas Bea Cukai Teluk Nibung Tanjungbalai saat melintas di Jalan Lintas Sumatera, tepatnya di Air Batu Kabupaten Asahan, Rabu (3/3/21).

Selain ballpress, dalam truk juga terdapat ratusan kotak bertuliskan tulisan luar negeri berisikan barang seperti kancing, bunga. Ketiga truk itu langsung digiring ke tempat penimbunan pabean (TPP) BC Teluk Nibung untuk diproses lebih lanjut. 

(PS/SAUFI)

Komentar Anda

Terkini: