Kapolres Batubara Bantu Carikan Kerja dan Ongkos Pulang TKI Ilegal yang Gagal ke Malaysia

/ Rabu, 31 Maret 2021 / 01.19.00 WIB

 


POSKOTASUMATERA.COM-BATUBARA-Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal yang akan pulang kampung diberi ongkos dan tali asih oleh Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis SH MH. Kedua TKI ini sempat tertangkap Satuan Reskrim Polres Batu bara 2 bulan lalu. 

Sulitnya mencari pekerjaan,  sebanyak  17 orang tenaga kerja asal Jawa dan Aceh sempat tertangkap Satuan Reskrim pada dua bulan yang lalu,  namun  mereka diberdayakan menjadi pekerja bangunan di Makopolres Batubara dengan memperoleh upah yang layak. 

Setelah memulangkan  14 tenaga kerja asal Jawa tengah  terdiri dari para wanita dan pria,  ke daerah asalnya. Saat ini tersisa 3 tenaga kerja asal Aceh yang pulang ke daerahnya.  

Ketiga orang ini, Iskandar Husni (30), Iskandar Yusuf (40) dan Ida seorang janda berusia 28 tahun. Pasalnya mereka bekerja menjadi buruh bangunan sampai selesai pembuatan bangunan Satuan Reskrim Batubara tepatnya belakangan gedung utama Mako Polres Batubara. 

Iskandar Yusuf  dan kedua temanya  mengakui kalau Kapolres Batubara sangat baik hati. “Setelah kami ditangkap karena ingin berangkat mencari kerja di Malaysia, kami tak tau lagi harus bagai mana. Sulitnya mencari pekerjaan di kampung ditambah lagi berurusan dengan hukum karena ilegal loging membuat kami terpuruk dan pasrah dengan ke adaan,” katanya. 

Namun nasib berkata lain, paparnya, Kapolres Batubara menyarankan selama peroses hukum berjalan di sarankan untuk bekerja di sini, sebagai buruh bangunan.

“Yang sama apabila kami ke Malaysia pun akan bekerja yang sama sebagai buruh bangunan. Seandainya kami pulang dengan kegagalan kami juga malu kepada keluarga. Lantas inisiatif ini kami lakukan dengan mengikuti sarannya bekerja di sini,” kata mereka.

Selama dua bulan kami bekerja, lanjutnya, mereka berhasil mengumpulkan gaji dan oleh oleh untuk keluarga di kampung dan saatnya ingin pulang ke kampung dan Kapolres Batubara memberikan tambahan tali asih juga ongkos buat mereka. 

Diruang kerjanya Kapolres Batu bara AKBP  Ikhwan Lubis SH.MH  yang  ditemui TKI  mengatakan, bantuan itu juga suatu  Bakti sosial guna kepekaan dalam membantu warga yang kesusahan. “Bukan hanya masyarakat disini saja namun seluruh masyarakat di Indonesia ini selagi kita mampu untuk memberi lakukan lah,” ajaknya.

Diceritakan AKBP Ikhwan Lubis, para TKI sudah tertipu calo ini juga berharap  ingin membahagiakan keluarga. Dengan bekerja di Polres Batubara mereka bisa lebih terlindungi.

“Kalau di negara asing , apakah mereka bisa menjamin keselamatan diri? Itu tidak bisa di jamin. Kalau mereka bekerja di Indonesia ini mereka lebih bisa di tanggung jawabi. Saya sarankan bagi seluruh pekerja yang  ingin keluar negeri, agar bisa melengkapi legalitas kerjanya agar Dinas Tenaga Kerja bisa bertanggung jawab kepada para TKI. Namun kalau ilegal seperti ini akan mendapat kesusahan  maupun tak ada jaminan apa pun dari pihak penyalur,” ceramah Kapolres ini. 

Dia mengajak, calon TKI jangan melakukan hal yang melanggar hukum dan bekerja dengan baik kalau serta yakin Allah pasti akan tunjukan jalan karena rezeki takkan tertukar kepada orang lain kalau mau berusaha. (PS/SAUFI)

Komentar Anda

Terkini: