Kapolres Sergai Sukai Prinsip Nelayan Tradisional Yang Ramah Lingkungan

/ Kamis, 25 Maret 2021 / 17.26.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM - SERGAI - Kapolres Serdang Bedagai AKBP Robinson Simatupang memberikan Apresiasi kepada Himpunan Nelayan Seluruh.

Indonesia (HNSI) kabupaten Serdang Bedagai yang sampai sekarang ini masih memegang Teguh Prinsip Nelayan Tradisional yang ramah lingkungan. 

Tidak hanya itu, Perwira Berpangkat Dua Melati Emas itu juga siap mendorong Instansi terkait Pemerintahan Kabupaten Sergai untuk lebih memperhatikan nelayan dan laut serta perikanan. 

Demikian hal tersebut di sampaikannya saat menerima Audensi Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) kabupaten Serdang Bedagai di Aula Patriatama Polres Serdang Bedagai kecamatan Sei Rampah,Kamis (25/03/2021) 

Lanjutnya, AKBP Robin mengatakan Kewenangan untuk menangkap alat nelayan modern yang tidak ramah lingkungan adalah Dinas kelautan dan perikanan provinsi. 

"Dalam hal ini pihaknya Polres Sergai mempunyai Sat Pol Air juga akan turut bersama lakukan pengamanan di laut," katanya

Dari cacatan kami, Polair Polres Sergai sejak tahun 2020 sampai sekarang, sudah menangkap 5 unit pukat trawl, dari hal tersebut Polair Polres Sergai siap untuk menjaga keamanan nelayan dan laut serta perikanan," ungkapnya

Sementara, Ketua HNSI Kabupaten Sergai H.Saiful mengatakan kedatangan HNSI ke Polres Sergai untuk mencari solusi dalam permasalahan pukat trawl yang ada di laut wilayah hukum polres Sergai 

"Semenjak adanya pukat trawl, para nelayan tradisional mengeluh dengan hasil tangkapan ikan di laut yang jauh berkurang," katanya

Terkait Hal itu HNSI akan membuat seminar dan mengundang para nelayan kabupaten Sergai untuk menyampaikan permasalahan yang dihadapi oleh nelayan di laut. 

Sedangkan tanggapan Heri mewakili Kadis Kelautan Perikanan sergai menjelaskan wilayah laut adalah domain dari provinsi, sehingga Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten hanya dapat menyampaikan permasalahan nelayan dan laut ke provinsi.

Kegiatan tersebut turut di ikuti Kadis Perindag Nazrul Azis Siregar,Kasat Intelkam AKP LB Sihombing, Kasat Binmas AKP Syarifuddin, Kasat Pol Air AKP Chandra Situmorang,Ketua HNSI Kabupaten Sergai H. Saiful serta anggota HNSI.(PS/SIDDIK)

Komentar Anda

Terkini: