Pemdes Pinagar Kecamatan Arse Gelar Musdes Penerima BLT DD Tahun 2021

/ Jumat, 19 Maret 2021 / 20.20.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Guna pendataan sesuai kriteria penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahun 2021, Pemerintah Desa Pinagar Kecamatan Arse Kabupaten Tapanuli Selatan melakukan Musyawarah Desa (Musdes) validasi, finalisasi dan penetapan calon penerima BLT DD tahun 2021.


Acara yang dihadiri langsung BPD, Perangkat Desa,Bhabinkamtibmas, Babinsa, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, tokoh adat, tokoh perempuan bertujuan untuk melakukan pendataan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Sesuai kriteria penerima BLT DD berlangsung di Kantor Kepala Desa, Jum'at (19/03/2021).

Kepala Desa Pinagar Sayuti Siregar usai kegiatan mengatakan, kegiatan Musdes yang dilakukan dalam rangka melakukan pendataan Keluarga Penerima BLT DD tahun 2021 sesuai prioritas kriteria penerima bantuan BLT DD.

Dalam Musdes itu sendiri, menurut dia, hasil yang disepakati oleh semua peserta rapat bahwa untuk KPM penerima BLT DD tahun 2021 sesuai kemampuan anggaran Dana Desa yang ada. Juga disepakati penerima BLT DD Tahun 2021dan nantinya bila dalam keputusan hari ini terdapat KPM yang juga menerima bantuan lain yang bersumber dari Pemerintah sesuai kriteria BLT DD sendiri, maka akan dilakukan perbaikan.

“Musdes hari ini diputuskan untuk KPM penerima BLT DD tahun 2021, sesuai kemampuan Dana Desa Pinagar. Bila dalam pendataan itu ada keluarga yang telah menerima bantuan lain, nantinya akan dilakukan perbaikan,” Kata Sayuti.

Kades Pinagar Sayuti Siregar juga berpesan kepada masyarakat yang menerima nantinya bantuan itu dapat dipergunakan sebaik-baiknya, mengingat saat ini ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19 banyak terdampak.

"Untuk setiap KPM kami berharap, dana yang diterima nantinya bisa dipergunakan sebaik-baiknya, dan semoga bermanfaat untuk warga Desa Pinagar," ujar Sayuti. 

Di tempat terpisah Camat Arse Saharuddin Perwira, S. Sos, MM berharap, penyaluran bantuan BLT bersumber dari Dana Desa betul-betul tepat sasaran, bisa meringankan beban masyarakat di masa pandemi virus corona ini.

"Ini merupakan komitmen Pemerintah Pusat untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat melalui Dana Desa di peruntukkan bagi warga yang tidak tersentuh bantuan yang tidak masuk pada Data DTKS, serta memang betul-betul membutuhkan akibat wabah pandemi Covid-19.

Menurut Camat Arse,  " Penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) terhadap warga Masyarakat Desa , dilaksanakan bedasarkan kesepakatan dari Musyawarah Desa (MUSDES).

Musdes diselenggarakan oleh BPD bersama tokoh masyarakat, Kepala Desa,  Tokoh Adat, Perangkat Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kepala Desauntuk memverifikasi/validasi data warga calon penerima BLT dari Dana Desa sesuai kreteria dan tepat sasaran bagi warga yang tidak masuk di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)dari Kementerian Sosial RI.

Selain itu Camat Arse juga mengingatkan, kepala desa sebagai pemimpin harus  mampu memformulasikan berbagai potensi yang ada di desa dengan melakukan komunikasi timbal balik, sehingga berbagai permasalahan yang timbul dapat diatasi. Sebagai pemimpin di Desa, kepala desa juga dipandang sebagai pimpinan yang dapat menjaga dan mempertahankan nilai, norma dan adat masyarakat di desa.



Camat Arse berharap, agar kades hendaknya dapat menjalin koordinasi sebaik mungkin dengan semua pihak, termasuk dengan pengurus dan anggota BPD dan lembaga kemasyarakatan lainnya sebagai mitra kerja, sehingga akan terwujud kerjasama yang harmonis dengan hasil yang optimal.(PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: