PW MABMI Sumut Dilantik, dr M Riski Ramadhan : Mengupas Sejarah Budaya Melayu Di Sergai

/ Kamis, 11 Maret 2021 / 21.25.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM - SERGAI - Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI), Datuk Sri H Syamsul Arifin melantik Ketua DPRD Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), dr. M. Riski Ramadhan Hasibuan sebagai Wakil Ketua Pengurus Wilayah Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (PW MABMI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Periode 2021-2025,

Hal itu sesuai dengan Surat Keputusan Nomor 003/2021 tertanggal 11 Maret 2021 yang dibacakan Sekretaris Umum PB MABMI Dr Milwan Yusuf MA bertempat Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubsu, Medan, Kamis (11/3/2021).

Adapun yang dilantik yakni, Ketua PW MABMI Sumut, Ir H Zahir, Wakil Ketua Syah Affandin (Wakil Bupati Langkat), dr M Riski Ramadhan Hasibuan (Ketua DPRD Sergai), Dra Tarwiyah Hakim, Sekretaris Aza Syahri, dan Bendahara dr. Siti Andira Rahmayana dengan masa periode 2021-2025.

Pelantikan ini secara langsung di saksikan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Mantan Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi, dan Anggota DPR RI Prof. Djohar Arifin.

dr.M.Riski Ramadhan Hasibuan yang juga Ketua DPRD Serdang Bedagai mengatakan, program MABMI dalam waktu dekat akan mengupas sejarah kebudayaan Melayu. Khususnya di Kabupaten Serdang Bedagai. Dan mensinkronkan program MABMI Sumut dengan Kampung Budaya Melayu yang ada di Desa Pekan Tanjung Beringin Kecamatan Tanjung Beringin.

“MABMI Sumut siap melestarikan Kebudayaan Melayu dan menumbuhkan nilai ekonomi masyarakat Serdang Bedagai dari sektor Pariwisata,” katanya

Sebelumnya, Ketua Umum PB Mabmi Datuk Sri H Syamsul Arifin dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubsu Edy Rahmayadi atas berkenan hadir dalam pelantikan PW MABMI Sumut. 

"Terima kasih atas kehadiran Bapak Gubernur Sumatera Utara dan Selamat buat kepengurusan MABMI terpilih. Kepada Zahir untuk bisa bekerja dengan baik karena tugas yang diemban sangat berat. Saya berharap, agar puak melayu bersatu dan tidak terkotak-kotak. Tingkatkan kesejahteraan serta bangun peradaban melayu yang terkikis,"ujarnya.

Mantan Gubernur Sumut ke-15 itu juga menitipkan putra putri melayu yang tergabung dalam PW MABMI saat ini bertugas di Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara agar mendapatkan  arahan dan bimbingan dari Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi. "Mohon arahan dari bapak Gubernur untuk putra - putri MABMI yang saat ini bertugas di lingkungan pemerintahan Sumatera Utara,"pintanya.

Ketua PW MABMI Sumut, Ir H Zahir dalam sambutannya mengatakan, agar seluruh masyarakat Melayu di manapun berada untuk dapat bersatu dan melestarikan budaya Melayu yang hampir terkikis oleh zaman. "Jangan ada lagi terkotak kotak agar kita dapat membangun peradaban melayu yang sudah bergeser akibat nilai nilai sosial dari luar,"katanya.

Menurutnya Zahir, keberhasilan melestarikan budaya Melayu ini akan lebih cepat jika Gubernur Sumatera Utara berkenan bersama pengurus MABMI Sumatera Utara menyampaikan pesan kepada pengurus MABMI di daerah daerah yang akan dilantik. 

"Melestarikan budaya tidaklah mudah. Apalagi pada zaman sekarang. Begitu banyak budaya-budaya luar masuk dan menggoda putra - putri kita. Untuk itu, keberhasilan melestarikan budaya Melayu ini tidak terlepas dari dukungan Pemerintah. Kami berharap, pak Gubernur dapat bersama MABMI merangkul dan menyampaikan pesan kepada seluruh pengurus MABMI di daerah - daerah,"harap Zahir yang saat ini menjabat sebagai Bupati Batu Bara. (PS/SIDDIK)
Komentar Anda

Terkini: