SMSI Kabupaten Karo Bagikan Masker Ke Desa Terdampak Abu Vulkanik Sinabung

/ Rabu, 03 Maret 2021 / 16.44.00 WIB



POSKOTASUMATERA.COM-KARO-Pasca  terjadinya luncuran awan panas disertai erupsi Gunung Api Sinabung. SMSI Kab. Karo spontan melakukan pembagian masker bagi warga desa yang terdampak material abu vulkanik Sonabung,Selasa(2/3) di Kecamatan Tiga Nderket dan Kutabuluh.


Kegiatan bagi masker ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian SMSI Karo difokuskan kepada warga desa yang sejak dilanda hujan debu vulkanik sekira pukul 09.00 Wib." Aksi ini memang tidak sebanding dengan apa yang dirasakan masyarakat desa yang terdampak, namun bisa sedikit menggugah hati bagi sesama," kata Ketua SMSI Karo, David Barus didampingi Sekretaris, Micky Maliki SE, Wakil Sekretaris Jusranta Surbakti dan Bendahara Sarjana Ginting.


Dikatakan David, pihaknya kedepan akan menyempatkan waktu untuk berbuat hal yang sama, bila hujan material kembali melandadi sejumlah wilayah di Kabupaten Karo. Adapun yang dilakukan saat ini diharapkan juga bisa kembali dilakukan oleh pihak pihak lain, demi membantu meringankan beban yang dirasakan masyarakat desa yang terpapar debu Gunung Api Sinabung.


Meskipun sudah menggunakan masker, masyarakat diminta agar tetap berada di dalam rumah sampai material debu yang memenuhi atap rumah dan areal pertanian milik warga sudah bisa dikendalikan. Dengan harapan akan turun hujan dan material debu setebal 1 sampai 2 centimeter bisa terurai kembali, jelasnya


Pantauan Mimbar Umum,  di sejumlah desa yang terdampak debu vulkanik di Kecamatan Tiga Nderket dan Kutabuluh , warga sudah mengetahui tindakan yang harus dilakukan ketika erupsi Gunung Api Sinabung kembali menyemburkan debu vulkanik. Terutama bagi kaum ibu dan anak anak mereka sudah tidak melakukan aktifitas di luar rumah.  Sementara bagi kaum pria secara bergotong royong melakukan penyiraman air baik di atap rumah dan badan jalan, guna mencegah debu tidak beterbangan masuk kedalam rumah mereka.


Selain itu sejumlah petugas dari BPBD Karo, TNI/ Polri terlihat berjibaku melakukan tindakan dengan mengerahkan sejumlah mobil damkar dan mobil tangki air melakukan penyiraman disepanjang jalan yang Kabupaten yang terdampak debu vulkanik dan membagikan masker.(PS/DIAN)

Komentar Anda

Terkini: