Temuan Di PT HSJ Disoal, Kadis LH : Tidak Ada Surat Perintah Tugas

/ Selasa, 16 Maret 2021 / 15.15.00 WIB
Pihak PT HSJ ketika di periksa di kantor
Bupati Labuhanbatu, (PS/Ricky)

POSKOTASUMATERA.COM - LABUHANBATU - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Labuhanbatu sempat melakukan kunjungan kerja ke PT HSJ (Haris Sawit Jaya) beberapa pekan lalu.

Dalam kunjungan tersebut, DLH Kabupaten Labuhanbatu mendapatkan temuan di PT HSJ. Hal temuan tersebut, ketika ditanya Kabid Pengendalian dan Pencermaran Lingkungan Hasymi Prihatien Siregar tidak mengeluarkan statment. Pada hal, perwakilan dari PT HSJ telah di periksa sepekan lalu di ruang rapat Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Labuhanbatu, tepatnya  disamping ruang kerja Asisten III Administasi Sekdakab Labuhanbatu, Jumat (5/3/2021) sekira pukul 10.08 Wib. 

"Belum ada, tanya aja pak Sekda,"kata Hasymi Prihatien singkat membalas via Whatsapp, Selasa (16/3/2021).
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Labuhanbatu Nasrullah Ritonga, ketika dikonfirmasi mengenai adanya temuan di PT HSJ dalam kunjungan kerja tersebut mengatakan, tidak ada dirinya mengeluarkan surat perintah tugas kepada anggota/stafnya terkait hal tersebut. "Tidak ada ngeluarkan surat tugas,"ucap Nasrullah ketika dikonfirmasi belum lama ini.

Sekdakab Labuhanbatu M yusuf Siagian ketika dikonfirmasi, Selasa (16/3/2021) terkait perkataan Hasymi Prihatien "tanya Pak Sekda" mengenai temuan PT HSJ ketika kunjungan kerja, belum membalas hingga berita ini diterbitkan.

Dalam pemeriksaan atas temuan kunjungan kerja DLH Labuhanbatu, tampak pihak PT HSJ di wakilkan oleh staf administrasi (tata usaha). "Pak Bangun ke Dinas Tenaga Kerja, kami yang disini,"ucap salah seorang staf PT HSJ ke poskotasumatera.com, Jumat (5/3/2021). 

Sementara, Glorius Bangun Humas PT HSJ belum menjawab ketika dikonfirmasi melalui via media sosial Whatsapp beberapa hari lalu. 
Menurut informasi dilapangan, PT HSJ kerap sekali memiliki permasalahan tentang lingkungan pengolahan sawit. Beberapa tahun yang lalu, ada limbah mengalir melalui parit - parit di sekitar lahan perkebunan, permasalahan air bersih, permasalahan HGU dan belakangan tahun 2021 ini per bulan Maret ada permasalahan ketenagakerjaan yakni pemecatan karyawan sepihak karena tidak mau dimutasikan. Bahkan sempat kasus memperkerjakan anak dibawah umur dan terjadi nyaris bentrok antara wartawan dengan pekerja yang diduga di provokatori oleh oknum pihak PT HSJ.

Ketua LSM Baris (Barisan Rakyat Indonesia Satu) Deni Pardosi SH menyayangkan sikap Kabid Pengendali dan Pencemaran Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Labuhanbatu tentang transparansi publik. 

"Seharusnya, sikap seorang pejabat tidak seperti itu ketika ditanya wartawan. Apalagi membawa - bawa Sekda. Saya curiga dengan ucapan itu. Hari ini kami persoalkan tentang temuan DLH ketika kunjungan kerja ke PT HSJ ,"ujar Deni Pardosi, Selasa (16/3/2021). 

Deni Pardosi juga mempersoalkan pemeriksaan yang dilakukan Hasymi Prihatien dilakukan di kantor Bupati Labuhanbatu.

" Masa ruang pemeriksaannya disamping ruang Asisten III. Kantor Dinas Lingkungan Hidup sudah tidak berfungsi lagi ya ?. Atau ada hal lain ?," tanya Deni. (PS/Ricky) 
Komentar Anda

Terkini: