Tingkatkan Kwalitas, Penenun Ulos Samosir Dilatih

/ Rabu, 24 Maret 2021 / 21.22.00 WIB
POSKOTASUMATERA.COM-SAMOSIR - Untuk meningkatkan kwalitas dan produktivitasnya, Penenun ulos se-Kabupaten Samosir mendapatkan pelatihan dari PT. Toba Tenun Sejahtera Jakarta yang bekerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja di Desa Lumban Suhisuhi Toruan Kecamatan.

Pelatihan yang dilakukan selama tujuh hari (22 s/d 29) itu juga sekaligus untuk meningkatkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan kemampuan angkatan kerja dalam memahami dan mengimplementasikan kompetensinya.

Pada pelatihan itu, Plh.Bupati Samosir, Jabiat Sagala menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada PT. Tenun Toba yang telah memilih para penenun Samosir untuk dilatih tentang cara pewarnaan ulos alami pada ulos sibolang dan ulos pangiring sebagai ulos asli Samosir.

"Kegiatan seperti ini patut kita dukung dan ditingkatkan. Selain dari sisi ekononinya, juga mengangkat, merevitalisasi dan melestarikan kembali warisan budaya lokal".

Kata Jabiat, sampai saat ini masyarakat Samosir masih banyak yang menggeluti tenun ulos dengan cara manual. Selain pasarnya juga tetap ada, harga ulos tenun manual tergolong jauh lebih mahal. Jelasnya. (PS/PL)


Komentar Anda

Terkini: