TNI AL di Meulaboh Bantu Padamkan Karhutla si Meurebo Aceh Barat dan Nagan Raya

/ Sabtu, 06 Maret 2021 / 12.55.00 WIB

 


POSKOTASUMATERA.COM-BELAWAN-Prajurit TNI Angkatan Laut Posal Meulaboh Lanal Sabang Lantamal I bersinergi dengan instansi lain bersama-sama mengatasi terjadinya kebakaran hutan lahan gambut (Karhutla) di Desa Peunaga Cut Ujong Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat dan Desa Suak Puntong Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya.

Hasil monitoring dan aksi Danposal Meulaboh Letda Laut (S) Popy Julianto Saputra beserta personel pada hari Minggu tanggal 28 Februari 2021 melaksanakan pemadaman bersama dengan petugas Gabungan TNI-Polri membantu petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) mengatasi pemadaman hutan tersebut.

Hasil pemantauan spot api terlihat di Lancang Kuning dengan koordinat 4°6' 43.2" N, 96° 12' 28.8" E (4.112,96.208) dan terdeteksi di lokasi Desa Suak Puntong Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya. 

Dimana lokasi tersebut merupakan lahan milik masyarakat yang telah terbakr seluas ±6.1 Ha dan lahan tersebut tergolong lahan kosong. Lahan yang ditanami tanaman sawit  tersebut terdapat dibelakang Proyek pembangunan PLTU 3/4 di Desa Suak Puntong dan berbatasan dengan Desa Peunaga Cut Ujong Kec.Merbo, Kab.Aceh Barat. 

Sebagaimana dipaparkan Kadispen Lantamal I Mayor Edy, sinergitas Tim Gabungan TNI-Polri, BPBD Aceh Barat/Nagan Raya, Damkar, serta Emergency Respon Team dari PT. Mifa Bersaudara, Satgas Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Nagan Raya dibantu masyarakat sekitar yg berada di Kab.Nagan Raya bersama bahu membahu memadamkan kebakaran denganjarak tempuh ketitik api tersebut diperkirakan ± 5 KM.

Hingga saat ini upaya pemadaman masih terus dilakukan oleh Personil TNI/Polri, BPBD Aceh Barat/Nagan Raya dan dibantu masyarakat sekitar. Dan sampai saat ini api di titik lokasi masih terlihat serta belum dapat dipadamkan karena sulitnya akses jalan terjangkau  dari alat selang air pemadam api ke lokasi titik api. (PS/SYAMSUL/DAHLAN)

Komentar Anda

Terkini: