TNI Siap Melayani Masyarakat Papua

/ Kamis, 11 Maret 2021 / 11.22.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-ABEPURA–TNI AD yang bertugas di Papua siap melayani masyarakat disana guna peningkatan semua hal bersama para personilnya.

Demikian disampaikan Komandan Korem (Danrem) 172/PWY selaku Komandan Komando Pelaksana Operasi (Dankolakops) saat memberikan pembekalan kepada tiga Batalyon Satgas Pamtas RI-PNG,Rabu (10/3/2021).

Tiga Batalyon dari masing masing Satuan ini akan melaksanakan tugas menggantikan satgas lama di wilayah Korem 172/PWY, bertempat di Rindam XVII/Cenderawasih, Jayapura.

Satgas Pamtas RI-PNG saat ini yakni Yonif 131/BRS akan menggantikan Yonif Mekanis Raider 413/BRM, Yonif Mekanis 512/QY akan menggantikan Yonif Raider 100/PS dan Yonif 403/WP akan menggantikan Yonif 312/KH.

Saat ditemui, Danrem mengatakan bahwa Satgas yang baru telah siap untuk melaksanakan tugas di tanah Papua. Dengan bekal kemampuan yang telah diberikan sejalan dengan apa yang diinginkan oleh masyarakat Papua. 

Bekal itu, lanjutnya, adalah kemampuan yang bersentuhan langsung dengan kesejahteraan masyarakat di perbatasan yaitu kemampuan di bidang pertanian, peternakan, perikanan dan perkebunan serta kemampuan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di bidang pendidikan dan kesehatan.

“Selain bekal itu, mereka juga telah dibekali tentang adat istiadat masyarakat Papua. Tujuannya agar kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan nanti adalah kegiatan yang bisa diterima oleh masyarakat Papua. Dengan begitu masyarakat pun yakin kalau keberadaan TNI di Papua ini akan membawa pembangunan yang semakin baik sampai ke perbatasan,” katanya.

Izak juga mengungkapkan bahwa operasi yang dilakukan lebih ditekankan operasi yang bersifat humanis. 

“Diharapkan akan semakin terbangun kerjasama dan sinergitas dengan masyarakat setempat serta dengan semua instansi terkait. Dengan begitu keamanan diperbatasan bisa diciptakan bersama,” pungkasnya. (PS/IRFANDI)





Komentar Anda

Terkini: