Camat Angkola Muaratais Terapkan One Village One Product

/ Selasa, 27 April 2021 / 04.48.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Dalam menyukseskan visi misi Pemkab Tapanuli Selatan Sehat,  Cerdas dan Sejahtera  dibawah kepemimpinan Bupati Tapanuli Selatan H.Dolly Putra Parlindungan Pasaribu  berbagai upaya dilakukan oleh Pemerintah Kecamatan Angkola Muaratais antara lain one village one product, pelayanan kependudukan secara ITE  ( online ) di setiap desa.

Demikian disampaikan Camat Kecamatan Angkola Muaratais AM.Fadhil Harahap di ruang kerjanya baru baru ini.
Disampaikan,"  saya sebagai Camat dalam memberikan pelayanan terus jemput bola  ke desa  dan menyarankan  agar desa membuat Bumdes,  pembuatan saluran air bersih dan Pelayanan kependudukan secara online. 

Lebih lanjut disampaikannya,"  petani di Kecamatan Muara Tais sudah saatnya membudidayakan beras merah dan beras putih. Beras merah dijual dan  beras putih kita makan.

Diharapkan   Penjual beras merah di desa di Kecamatan Angkola Muaratais dikelola melalui Bumdes. Kepala Desa bersama warga masyarakat  membuat peraturan  Desa untuk Bumdes. Didalam Perdes nanti diatur sisa hasil usaha ( SHU ) sekian persen untuk pemasaran, Sekian persen untuk operasional Pegawai Bumdes, sekian persen untuk Fakir miskin dan Anak Yatim  sekian persen untuk Mesjid untuk mengambil  berkah Bumdes.

Untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat tahun ini Pelayanan kepada masyarakat sudah serba ITE ( Online). Semua urusan masyarakat bidang pelayanan kependudukan sudah secara online. Seperti misalnya Untuk pelayanan Kependudukan Pemerintah Desa mengirim data langsung ke Capil dan Capil langsung mengirimkannya ke Kecamatan dan Kecamatan langsung ke desa. Sehingga Warga masyarakat tidak lagi capek ke Kantor mengurus data kependudukannya. Sebentar siap dan waktu tidak tersita.

Untuk tahun ini setiap desa di Kecamatan Muaratais harus  membuat  Wesite desa.
Webside desa terdiri dari Untuk halaman   halaman pertama  Pemerintahan  desa,halaman kedua foto Kepala desa dan aparat desa, buka lagi halaman tiga foto  pkk desa dan lantas halaman terakhir dibuat halaman pemasaran hasil dari setiap desa. Disinilah dibuat Halaman pemasaran seperti beras merah. Sehingga bila ada kawan kita dari Jakarta mau pesan beras merah dan nelepon saya saya bilang nanti cukup dilihat di website desa di Kecamatan Muaratais. Sehingga bisa dipesan melalui online.
Kecamatan Angkola Muaratais akan terapkan one village one product untuk desa di Kecamatan  Muaratais antara lain desa Pangarubuan penghasil beras merah, desa sorimanaon penghasil telor Asin,  Desa Muaratais 1  pengahasil sawo, Desa Purba Nauli penghasil Langsat.

Camat Kecamatan Angkola Muaratais AM. Fadhil Harahap bertekad membuat  semua desa/Kelurahan di kecamatan Angkola  Muaratais  memiliki  product unggulan setiap desa.

Untuk pelayanan ITE kependudukan ( Online)  di setiap Desa untuk Kecamatan Angkola Muaratais akan mengundang Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Tapanuli Selatan untuk melaksankan pelatihan kepada operator desa.
Sementara prestasi yang diraih Kecamatan Angkola Muaratais yang baru seumur Bayi yaitu Juara 3 Karangtaruna Teladan antar Kecamatan untuk tingkat Provinsi Sumatera Utara, dan Kecamatan Angkola Muaratais sudah sejajar dengan Kecamatan lain yang sudah puluhan tahun yaitu sudah type B," pungkas Fadhil.
Terakhir Fadhil berpesan kepada warga masyarakat agar menggunakan medsos dengan baik, jangam terulang kembali seperti yang terjadi di Desa Pardomuan Kecamatan Sayurmatinggi, hanya gara gara pacar bisa terjadi perang antar agama. Semuanya jadi repot dibuatnya.
Sementara tokoh masyarakat Kecamatan Angkola Muaratais P.Nasution cukup memgapresiasi ide cemerlabg Camat Kecamatan Angkola Muaratais. Kiranya Kecamatan Angkola Muaratais menjadi Kecamatan yang sukses kedepan. ( PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: