Ratusan Warga Keracunan Akibat Terhirup Gas di Area Pengeboran PT. MEDCO Aceh Timur

/ Jumat, 09 April 2021 / 17.48.00 WIB
Ratusan  warga Dusun CV 8 Desa Panton Rayeuk T, Kecamatan Banda Alam, Kabupaten Aceh Timur mengalami pusing lalu muntah-muntah, akibat terhirup gas beracun milik PT Medco dan telah dievakuasi ke Rumkit Zubir Mahmud Idi, Aceh Timur (FOTO|PS-DA)

● Korban Mencapai Ratusan Orang

POSKOTASUMATERA.COM|ACEH TIMUR - Ratusan  warga Dusun CV 8 Desa Panton Rayeuk T, Kecamatan Banda Alam, Kabupaten Aceh Timur mengalami pusing lalu muntah-muntah, akibat terhirup gas beracun milik PT Medco dan telah dievakuasi ke Rumkit Zubir Mahmud Idi, Aceh Timur untuk mendapat perawatan medis secara intensif.
H. Tarmizi Daud
Ketua Fraksi Nasdem DPRK Aceh Timur

Demikian dikatakan oleh Ketua Fraksi Nasdem DPRK Aceh Timur,  H. Tarmizi Daud kepada media ini. Menurutnya, ratusan warga tersebut diduga keracunan gas PT Medco yang diduga terhirup   SO2 (asap) milik PT Medco dari lokasi yang sedang ada pencucian sumur di Alue Siwah Serdang, Kecamatan Nurussalam, Aceh Timur.

Akibat adanya kebocoran gas beracun tersebut telah terjadi keracunan massal di area produksi gas PT Medco, jumlah orang yang jadi korban diperkirakan Ratusan  Dalam hal ini PT Medco harus bertanggung jawab sepenuhnya terhadap keselamatan warga yang mengalami keracunan.

Sambung H. Tarmizi, PT Medco jangan  terkesan lepas tangan, ini masalah nasional yang tidak boleh gerak lambat, karena masalah jiwa anak bangsa yang wajib di utamakan.  Apalagi adanya indikasi  pengoperasian PT Medco tidak sesuai dengan SOP  yang dilakukan di Perusahaan Gas tersebut.

Kita selaku wakil rakyat, langsung menghubungi humas PT MEDCO, tapi sayangnya kalau 
humas PT Medco Pragitai selalu tidak pernah mau angkat telponnya, sehingga terjadi failed information (gagal informasi). Tidak hanya dalam musibah ini, tapi juga pada perkara perkara yang lain, sangat sulit untuk bisa diajak koordinasi, ujar Tarmizi.

Padahal PT Medco tersebut kerap sekali terjadi hal hal yang tidak pernah di pedulikan apapun saat dilaporkan masyarakat.  Sehingga masyarakat sering melaporkan kepada kita tentang persoalan yang terjadi disekitar pengoperasian eksplorasi gas alam cair oleh PT MEDCO. Sementara manajemen PT Medco terkesan tutup telinga dan bahkan tutup mata, sebut Politisi Partai Nasdem H. Tarmizi Daud dengan nada kecewa.

Sementara itu, bau menyengat gas beracun mulai sejak jam 5 pagi, dalam waktu tetsebut banyak warga berjatuhan dan erpapar hingga pukul  9 pagi hari jumat, tgl 9 April 2021. Pihak perusahaan PT. Medco telah melakukan pengecekan ke lokasi kejadian untuk memastikan tentang kebenaran bau gas tersebut.  Akibat peristiwa tersebut, kegiatan pencucian sumur di Alue Siwah Serdang, Kecamatan Nurussalam, Kabupaten Aceh Timur telah dihentikan sementara. (PS|DA).

Komentar Anda

Terkini: