Janji DLH Sumut dan Kinerja Muspika Kecamatan Medan Marelan Dipertanyakan, Sei Bedera Terancam Jadi Parit Busuk (Parbus)

/ Sabtu, 03 April 2021 / 08.41.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Puluhan ton sampah kembali memenuhi Sei Bedera yang berads di Kelurahan Terjun Kecamatan Medan Marelan. Dari mana asal sampah tersebut masih menjadi misteri bagi masyarakat diseputaran bantaran Sei Bedera.

Sebelumnya sempat diberitakan juga beberapa pekan lalu Sei Bedera menjadi lautan sampah, serta sempat dikunjungi oleh Kadis DLH Sumut, dr.T.Amri Fadli M.KES. Hari ini,Sabtu (03/04/2021) Sei Bedera kembali dipenuhi sampah yang tidak tau dari mana asalnya.


Sei Bedera yang selama ini menjadi tempat masyarakat di seputaran bantaran sungai untuk tempat mencuci pakaian serta jalur lalulintas nelayan untuk menangkap ikan,kepiting dan udang, sekarang kondisinya sangat menyedihkan.


Juli Afri (45) salah satu tokoh pemuda Kelurahan terjun menyampaikan, Hal ini terjadi akibat kurang seriusnya pemerintah dalam hal ini DLH menangani persoalan sampah.



"Seharusnya Dinas pertamanan dan kebersihan menambah petugas kebersihannya serta mengutip sampah-sampah masyarakat tanpa pengecualian," ucap Afri 


"Selain itu Perda terkait sampah ini harus dibuat sesegera mungkin, untuk menyelamatkan Sei Bedera ini. Serta fungsi pengawasan bagi perusahan dan perumahan yang berada di seputaran bantaran Sei Bedera harus di pertegas," tambah pemuda yang juga asli kelahiran Terjun ini.


"Muspika Mefan Marelan juga harus berperan dengan mengaktifkan seluruh jajarannya dalam membersihkan dan mengawasi oknum pembuang sampai di Sei Bedera Ini," harapnya


Kadis DLH Sumut, dr.T.Amri Fadli M.KES ketika di konfirmasi lewat pesan whatsappnya mengatakan, Hal ini tidak bisa ditoleransi dan harus ada upaya tegas dan nyata untuk penyelesaiannya.


"Laporan team yang dibentuk DLH Sumut, bahwa ada yang dengan sengaja membuang sampah di hulu Sei Bedera,kita telah melakukan pembinaan,"Ujar Kadis yang baru menjabat ini.


"Bahkan pihak Kab. Deli Serdang dan Kota Medan sudah juga kita panggil ke DLH Sumut upaya pembinaan terhadap oknum dan penanggung jawab kegiatan," tambahnya



"Kalau yang terjadi hari ini dilakukan oknum yang sama mungkin perlu upaya hukum agar menjadi pelajaran bagi semua pihak," kata Kadis yang terkenal ramah ini.


"Hari ini saya akan turunkan team utk cek lokasi dan pastikan apakah ini dilakukan oknum yg sama," janjinya.(PS/DIAN)









Komentar Anda

Terkini: