Kades Batu Horpak Sukses Berkat Peternakan Sapi

/ Rabu, 28 April 2021 / 00.55.00 WIB
Kandang Sapi Kades Batu Horpak Nawir Rambe

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL- Peluang usaha ternak sapi di Desa Batu Horpak Kecamatan Tano Tombangan Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan masih sangat menjanjikan. 


Kegiatan ini pun, diperkirakan mampu menaikkan taraf kesejahteraan ekonomi bagi masyarakat. Prospek beternak sapi pun cukup cerah," ujar Kades Batuhorpak Nawir Rambe Senin (26/4).


Disampaikannya, " Usaha ternak sapi bisa menjadi salah satu pilihan alternatif untuk pengembangan ekonomi masyarakat sekaligus membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat pedesaan di desa Batu Horpak.


Diketahui bahwa populasi pertumbuhan ternak sapi sangat menjanjjkan apabila di tekuni, " ujar Nawir Rambe. 

Peternak sapi di tempat ini, telah berkontribusi terhadap percepatan populasi sapi di daerah ini.  Bila Warga masyarakat yang ingin memesan Potong qurban nanti sudah bisa dipesan disini dengan harga yang bervariasi, yaitu ada qurban raja dan qurban biasa.  Untuk sapi qurban raja bisa tembus harga Rp 30 juta, " pungkas Rambe. 

 Nawir Rambe, mengatakan Peternak Sapi di Desa Batuhorpak Kecamatan Tano Tombangan Angkola  yang telah menekuni bisnis ternak sapi sudah lama, beliau menjelaskan, bisnis ternak sapi sangat menjanjikan.

“Namun harus di kerjakan dengan serius, tekun dan diperlukan juga manajemen yang tepat terutama dalam melihat segmen kebutuhan pasar terkait kebutuhan daging sapi,” urai Nawir Rambe. 

Ditengah kesibukannya sebagai Kepala Desa Batu Horpak masih meluangkan waktunya mengurus sendiri peternakan sapi yang sudah dirintisnya sudah lama. Dari peternakan sapi itulah, beliau sukses memimpin desanya. 

Oleh karena itu, diperlukan intervensi pemerintah untuk memberdayakan peternak sapi lokal, memberikan pelatihan, fasilitasi program dan lain sebagainya. Sehingga peternak sapi lokal dapat bersaing dengan pasar dari luar,” papar Rambe. 

Kades Batuhorpak  menambahkan, siap berkolaborasi dan mendukung upaya Pemkab Tapsel jika ada program-program terkait pemberdayaan peternak sapi. Baik yang terkait dengan pelatihan, fasilitasi pembiaayaan, hingga pembinaan akses pasar. (PS/BERMAWI)




Komentar Anda

Terkini: