Kunjungan Kapolda Sumut Dan Pangdam I/BB, Irjen R.Z. Panca Putra : Berbuat Anarki, Kita Tindak

/ Senin, 19 April 2021 / 21.00.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM - LABUHANBATU - Kapolda Sumatera Utara  Irjen. Pol. Drs R.Z Panca Putra Simanjuntak M.Si berkunjung ke wilayah Kabupaten Labuhanbatu guna meninjau pengamanan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kabupaten Labuhanbatu dan Kabupaten Labuhanbatu Selatan yang diselenggarakan pada tanggal 24 April 2021 mendatang

"Kita meninjau, sejauh mana kesiapan penyelenggara, dan sejauh mana kesiapan keamanan yang nantinya memberikan jaminan keamanan menjelang PSU,"ujar Irjen R.Z. Panca Putra kepada sejumlah awak Media, Senin (19/4/2021). 

Kapolda menilai, kesiapam para penyelenggara maupun keamanan sesuai dengan yang diharapkan. "Dari hasil yang kita lihat, semua nerjalan dengan baik. Pihak Bawaslu, KPu, dan aparat keamanan berjalan sesuai harapa. Mudah - mudahan, keadaan baik ini sampai pada tahapan PSU hingga selesai,"ucap Kapolda.

Kapolda juga menghimbau, partisipaai masyarakat memberikan suaranya di PSU nantinya sangat diperlukan. Sebab, keberhasilan PSU ini tidak lain dari peran serta masyarakat.

"Partisipasi masyarakat sangat diharapkan untuk kesuksesan PSU ini. Masyarakat jangan takut untuk memberikan suaranya. Aparat keamanan memberikan fasilitas jaminan keamanan pada setiap warga yang akan memberikan hak suara nantinya,"ungkap Kapolda. 

Lanjut Kapolda, sekitar 2500 personel diturunkan untuk pengamanan PSU 3 Kabupaten (Mandailing Natal, Labuhanbatu dan Labuhanbatu Selatan).

"Ada tiga Kabupaten, sekitar 2500 personel yang nantinya ikut mengamankan PSU dibantu oleh Personel Kodam I/BB. Setiap TPS akan dijaga ketat gabungan aparat keamanan,"terangnya.

Untuk pasangan calon yang mengikuti PSU, Kapolda berharap, untuk tetap menjaga kondusifitas wilayah dan menghormati hasil keputusan nantinya.

"Mudah - mudahan para paslon dapat mengkondusifkan tim kampanye hingga hari H sampai hasil penghitungan suara. Apa pun hasilnya, masing - masing paslon dapat menghargai dan menghormati hasil keputusan yang telah ditetapkan,"jelas Kapolda sembari mengatakan akan menindak tegas siapapun yang berbuat anarki.

Sementara, Pangdam I/BB Mayjen TNI Hasanuddin SIP MM mengatakan, kunjungannya mendampingi Kapolda Sumut Irjen Pol Drs R.Z. Panca Putra Simanjuntak M.Si perihal melihat perkembangan kondusifitas menjelang PSU.  

"Kunjungan ini mendampingi bapak Kapolda untuk melihat langsung keadaan keamanan menjelang PSU nantinya. Tentunya kita berharap bersama, PSU ini berjalan dengan baik dan kondusif,"ujar Pangdam I/BB.
Pangdam I/BB juga menyebutkan, dalam PSU ini, Kodam I/BB beserta jajaran siap mendukung Polri dalam pengamanan PSU tanggal 24 April 2021 mendatang. Disamping itu, menurut penuturan Pangdam I/BB, ada pembinaan kewilayahan yang diberikan untuk beberapa komponen.

"Sesuai dengan pola operasi yang disiapkan oleh Polda Sumut, kami TNI siap mendukung penuh. Semoga, PSU ini berjalan dengan baik dan lancar,"ucap Pangdam I/BB.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Pangdam I/BB  Mayjen TNI Hassanudin, SIP, MM., Pj Bupati Labuhanbatu Muliyadi Simatupang S.Pi M.Si, Bupati Labuhanbatu Utara Hendriyanto Sitorus, SE, MM., Pj. Bupati Labuhanbatu Selatan Alfi Syahriza, ST, MEng, SC., Dandim 0209/LB Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap, SE, M.Tr (Han), Kapolres Labuhanbatu  AKBP Deni Kurniawan, S.I.K, MH., Wakil Ketua DPRD Labuhanbatu Muhammad Arsyad Rangkuti, Ketua Bawaslu Labuhanbatu  Makmur, SE., Ketua KPU Labuhanbatu Wahyudi, Insan Pers dan tamu undangan.

Kegiatan kunjungan Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB dilanjutkan dengan buka puasa bersama di Aula pertemuan Hotel Platinum Rantauprapat. (PS/Ricky)
Komentar Anda

Terkini: