Lagi,Ada yang Lempar Paket Sabu Seberat 100 Gram ke Lapas Tanjungbalai

/ Selasa, 13 April 2021 / 19.50.00 WIB

 


Aksi penyeludupan modus lempar dari luar masuk  areal dalam Lapas barang haram narkoba jenis sabu berhasil digagalkan petugas Lapas,kali ini seberat 100 gram (POSKOTA/SAUFI
)

POSKOTASUMATERA.COM-TANJUNGBALAI
Lagi lagi terjadi,ada aksi penyelundupan  narkoba jenis sabu  kedalam areal Lapas Klas IIB Kota Tanjungbalai. Modus penyelundupan tersebut, paket dilempar dari luar tembok lapas.Selasa,(13/4/21).

Petugas yang menggagalkan penyelundupan adalah petugas pos jaga di sekitar Menara 1 Lapas Tanjungbalai.Penyelundupan terjadi sekitar pukul 09.00 WIB.  penjaga pos menara mendengar bunyi benda jatuh tepat di areal antara menara satu dan menara dua.

Kepada wartawan Petugas Jaga Pos Menara M. Arifin Harahap,  menceritakan, penemuan bungkusan sabu itu bermula saat petugas pos menara yang melakukan penjagaan mendengar adanya suara lemparan.

Kemudian saat menindaklanjuti suara lemparan itu, saya melihat ada bungkusan plastik yang dibalut dengan lakban terletak di tanah di sekitar lokasi menara.

Setelah berkoordinasi dengan pimpinan, Kalapas bersama pihak kepolisian Satres Narkoba Polres Tanjungbalai mendatangi lokasi serta memeriksa isi bungkusan tersebut, dan ternyata di dalamnya 2 plastik klip yang di dalamnya berisi serbuk putih dan diduga narkotika jenis sabu.



Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tanjungbalai Asahan Muda Husni Bc.IP, S.H, M.M mengatakan saat dikonfirmasi membenarkan adanya ditemukan narkoba jenis sabu didalam lapas.

"Benar saja,adanya laporan dari KPLP kita, sekitar pukul 09.00 wib petugas pos menara 1M.Arifin Harahap adanya melihat bungkusan putih yang tergeletak di areal penjagaan nya. Lalu ia turun dilihat nya ada seperti lemparan dari luar," ucap Kalapas.

Jadi dia melaporkan ke kaurpam komandan jaga.dan setelah KPLP melaporkan ke saya. Selanjutnya saya instruksikan coba diamankan. Setelah itu langsung kami hubungi pihak satnarkoba polres Tanjungbalai.

"Berdasarkan ditimbang dengan alat polres seberat 100 gram,"sebut Kalapas.

Komitment kita ,saya menekan kan kebawah jajaran kita yang mencoba coba melegalkan narkoba maupun bermain narkoba saya sudah sampai kan akan saya sikat semua baik itu anggota lapas sendirinya.

"Kita akan tetap melakukan pengawasan yang ketat .artinya dari internal sudah saya beri penguatan untuk bisa berintegritas dan jangan mencoba coba bermain maupun melegalkan  narkoba didalam lapas,"ujar Muda Husni.

Jadi,Untuk bungkusan plastik berisi sabu itu kami serahkan kepada petugas kepolisian yang dilengkapi dengan berita acara penyerahan," kata Kalapas Muda Husni.

"Bersama Satres Narkoba Polres Tanjungbalai kita membuka bungkusan plastik tersebut, dan isinya serbuk putih yang kita duga narkotika jenis sabu,"kata Muda Husni.

Kalapas juga menegaskan, pihaknya akan lebih memperketat pengamanan dan pengawasan di dalam blok hunian, maupun area luar lapas.  Barang bukti juga telah diserahkan ke Satnarkoba Polres Tanjungbalai.

Kami terus bersinergi dalam hal pemberantasan baik itu sinergitas dengan satnarkoba polres Tanjungbalai maupun bersama BNNK Tanjungbalai.

"Kepada satnarkoba dan BNNK Tanjungbalai juga saya sampaikan agar membantu untuk berkoordinasi terkait anggaran cctv yang di areal luar untuk dipasang dalam hal penguatan pengamanan,"pinta Kalapas,Muda Husni.

Sementara dijelaskan nya,Lapas sendiri CCTV hanya berada disekitaran dalam aja yang dimiliki sehingga tidak semua dapat termonitor di areal luar.

"Cctv untuk diluar  juga  efektif jika adanya sinergitas petugas baik dari pihak kepolisian maupun BNNK Tanjungbalai. Tapi kita tetap menerima informasi dan sinergitas dari pihak kepolisian maupun BNNK," pesan Husni Muda kepada sejumlah wartawan. *

(PS/SAUFI)


Komentar Anda

Terkini: