Pemkab Tapsel Kembali Raih WTP Tujuh Kali Berturut-turut

/ Minggu, 11 April 2021 / 15.40.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL- Sebuah prestasi membanggakan kembali di raih Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Pemkab Tapsel) pada penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke tujuh kalinya secara berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumatera Utara.



Diraihnya penghargaan WTP mulai tahun 2014 sampai 2020, ini merupakan bentuk prestasi pemimpin sebelumnya Syahrul M Pasaribu yang telah bekerja keras dalam melakukan tata kelola keuangan dengan baik, ucap Dolly usai menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) TA. 2020 dari Ketua BPK RI Perwakilan Sumut Eydu Oktain Panjaitan di Kantor BPK RI Perwakilan Sumatera Utara, Jalan Imam Bonjol No 22, Medan, pada Jum'at yang lalu (9/4).


Eydu menyerahkan LHP dengan Opini WTP ini langsung kepada Bupati Tapsel Dolly Pasaribu, S.Pt, MM didampingi Ketua DPRD Tapsel Husin Sogot Simatupang dan Ka BPKPAD Tapsel M. Frananda serta Inspektur Daerah M. Ali Imran. Ini adalah yang pertama di Sumatera Utara.


Ketua BPK RI Perwakilan Sumut Eydu Oktain Panjaitan yang didampingi Kepala Sub Auditorat Sumut II Puspitaningtyas dan Anggota Tim Audit Roby Pramana mengatakan sesuai UU nomor 15 Tahun 2004 tentang pemeriksaan pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara bahwa LKPD diserahkan selambat-lambatnya dua bulan setelah BPK menerima dari pemerintah pusat/daerah.


Namun LKPD Tapsel TA 2020 saat itu lebih cepat diserahkan oleh Bupati dua periode terdahulu Syahrul M Pasaribu yakni 11 Februari 2021 sehingga BPK mempunyai waktu yang cukup untuk melakukan audit.


Disamping itu, saya ucapkan selamat kepada Pemkab Tapsel yang telah berhasil meraih penghargaan opini WTP untuk ke tujuh kalinya secara berturut-turut sejak tahun 2014 hingga 2020. Saya berharap agar penghargaan ini dapat terus dipertahankan serta ditingkatkan lagi, harap Eydu.


Sementara Bupati Tapsel Dolly Pasaribu, S.Pt, MM menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemimpin sebelumnya Syahrul M Pasaribu dan seluruh stakeholder termasuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah bekerja keras dan berkomitmen dalam melakukan tata kelola keuangan yang baik dan sesuai aturan sehingga penghargaan opini WTP kembali diraih oleh Pemkab Tapsel.


Lebih lanjut Dolly mengatakan bahwa atas dasar opini WTP dari BPK, maka ini menjadi pintu masuk untuk berkontestasi dengan Pemkab/Pemkot seluruh Indonesia dalam mendapatkan Insentif Daerah seperti yang sudah diperoleh Tapsel selama ini.


"Insentif Daerah sangat membantu di dalam percepatan pembangunan Tapanuli Selatan yang kita cintai dalam rangka mewujudkan visi misi Bupati Tapsel untuk menjadikan masyarakat Tapsel yang lebih sehat, cerdas dan sejahtera," ujarnya.


Menurut Dolly, raihan penghargaan ini merupakan sebuah prestasi yang luar biasa dan itu menjadi tantangan tersendiri dan penyemangat bagi saya untuk bisa lebih baik lagi di masa masa yang akan datang. Minimal dapat mempertahankan yang sudah baik ini menjadi sebuah tradisi di Tapanuli Selatan. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: