Ratusan Guru Kampar Bersaing Jadi Fasiliator Program Penggerak Tanoto Foundation

/ Jumat, 16 April 2021 / 19.19.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM.BANGKINANG KOTA - Ratusan guru, kepala sekolah dan pengawas di Kabupaten Kampar mengikuti rangkaian seleksi fasilitator daerah program PINTAR Penggerak. Program ini merupakan salah satu bagian dari program Pemerintah Kabupaten Kampar yang telah berkolaborasi dengan Tanoto Foundation dalam wadah Program Organisasi Penggerak (POP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 

“Kolaborasi ini ditandai dengan ditandatanganinya Nota Kesepahaman (MoU) pada tanggal 28 Januari 2021 antara Bupati Kampar dan Ketua Yayasan Bhakti Tanoto. Para peserta seleksi yang terpilih nanti akan menjadi penggerak perubahan pendidikan khususnya pendidikan dasar di kabupaten Kampar,” kata Koordinator Kabupaten Kampar Program PINTAR Penggerak Tanoto Foundation, Rikson Simanjuntak di Ruang Dinas Pendidikan  Kepemudaan dan Olahraga Kampar, Jumat (16/4).

Rikson menyampaikan bahwa sebelumnya telah terlaksana pemilihan sekolah mitra dan dipilih 42 Sekolah Dasar dan 25 Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebagai mitra implementasi program. Kegiatan tersebut dilakukan secara kolaboratif antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kampar dengan Tanoto Foundation.

Dari ratusan peserta tersebut akan dipilih 75 fasilitator daerah (Fasda). Fasilitator tersebut akan bertugas untuk melatih dan mendampingi sekolah menerapkan modul-modul PINTAR Penggerak untuk mencapai target sebagai sekolah penggerak seperti harapan dari Kemdikbud. 

“Rekrutmen terbuka ini dilakukan selama dua hari (14-15 April 2021) di SD 006 Langgini dengan mengikuti panduan protokol kesehatan. Tim seleksi yang kami libatkan merupakan asesor gabungan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kampar, Dosen UNRI, UIN Suska Riau dan Tim Tanoto Foundation. Harapannya akan terpilih personal-personal yang kompetitif, berkompetensi, dan memiliki visi pendidikan yang tepat untuk melaksanakan program di  wilayah mitra, khususnya Kabupaten Kampar,” ungkapnya. 

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kampar, Drs. M. Yasir, MM, dalam pertemuan sebelumnya menyampaikan bahwa kolaborasi ini merupakan titik awal untuk melakukan lompatan dalam peningkatan kualitas pendidikan dasar di Kabupaten. Oleh karena itu, dia berharap para guru, kepala sekolah dan pengawas memanfaatkan momentum ini secara maksimal. 

“Saya berharap semua pendidik dan sekolah di Kabupaten Kampar memanfaatkan momen ini secara maksimal. Ambil praktik baiknya. Tiru dan modifikasi lalu kembangkan. Kesempatan kolaborasi dengan Tanoto Foundation dalam organisasi penggerak harus kita dorong secara maksimal,” pesannya.

Dari ratusan pendaftar, dilakukan seleksi secara administatif. Usai tahap seleksi administratif, terpilih 89 orang yang berkesempatan untuk melanjutkan ke tahap wawancara dan microteaching. Dalam tahap ini peserta digali kemampuan dan pengetahuan umumnya, kemampuan pedagogi, manajemen pelatihan, komitmen menjadi penggerak, serta kemampuan dalam bidang informasi dan teknologi. Pada tahap akhir mereka mensimulasikan kemampuan pedagogi khususnya kemampuan mengajar dalam sesi microteaching. Selain itu, dinilai juga karakter pedagogi dan psikologi pendidikannya. 

Peserta yang terpilih sebagai Fasda akan menerima Surat Keputusan (SK) penetapan dari Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten. Kegiatan selanjutnya adalah para Fasda Pembelajaran dan MBS terpilih, berdasarkan SK akan diudang dalam TOT Pembelajaran dan MBS secara berjenjang yang diselenggarakan oleh Program PINTAR Penggerak Tanoto Foundation.

Tanoto Foundation secara khusus mengucapkan terimakasih untuk semua pihak yang terlibat dalam proses seleksi ini dan secara khusus  kepada Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kampar atas komitmen dan sinergi yang terjalin sangat baik sejauh ini. 

Tanoto Foundation merupakan organisasi filantropi independen yang didirikan atas dasar keyakinan bahwa setiap individu layak mendapat kesempatan untuk memenuhi potensi sepenuhnya. Strategi yang dilakukan berupa meningkatkan kualitas pendidikan dan taraf hidup masyarakat.

Pada tahun 2020, Tanoto Foundation mendapat kepercayaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjadi salah satu pelaksana Program Organisasi Penggerak jalur bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kampar melalui Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga membuka kesempatan kepada Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas untuk menjadi Fasilitator Daerah (Fasda) program Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran (PINTAR).(PS/NURMAN)

Komentar Anda

Terkini: