Usai Sekda Diperiksa, Kadis PUPR Beserta Pemborong Ternama "JL" Diperiksa KPK Hingga Malam Hari

/ Kamis, 22 April 2021 / 01.23.00 WIB

 

Sekretaris daerah kota Tanjungbalai Yusmada saat di doorstop wartawan di Mapolres Tanjungbalai usai diperiksa KPK (POSKOTA/SAUFI)

POSKOTASUMATERA.COM-TANJUNGBALAI
Sebelumnya dari pagi hingga siang hari 
Sekretaris daerah (Sekdakot) Kota Tanjungbalai Yusmada diperiksa KPK di Mapolres Tanjungbalai.Penyidik KPK memeriksa dirinya lebih kurang selama 7 jam di ruangan PPA Sat Reskrim Polres Tanjungbalai. Rabu (21/4/21).

Pertanyaan yang dilontarkan penyidik KPK itu termasuk terkait adanya dugaan pemerasan terhadap Wali Kota Tanjungbalai HM Syahrial oleh seorang penyidik kepolisian di KPK dengan iming-iming kasus yang diduga menjerat HM Syahrial dihentikan.

Pantauan di lokasi,sejumlah pejabat Pemko Tanjungbalai turut diperiksa yakni, Wakil Wali Kota H Waris, Kepala BKD Abu Hanifah, Kabag Umum Hurmaini Nasution, Plt Camat Datuk Bandar Timur Pahala Zulfikar dan Kadis Pendidikan Azhar serta Kadis PUPR Tetty Siregar serta malam hari nya pemborong ternama "JL" turut diperiksa KPK.

Informasi nya,sejumlah pejabat Pemko Tanjungbalai itu diperiksa terkait kasus jual beli atau mutasi jabatan di lingkungan Pemko Tanjungbalai pada 2019 dan diduga menyeret nama Wali Kota Tanjungbalai HM Syahrial.

Saat ditanya mengenai dugaan pemerasan terhadap Wali Kota Tanjungbalai oleh penyidik KPK dengan jumlah Rp1,5 miliar, Yusmada mengatakan hal itu sudah dijawabnya kepada penyidik saat diperiksa.

"Mengenai itu sudah saya jawab tadi di penyidik. Jumlahnya kurang tahu saya," ucapnya buru buru sambil berjalan tergesa tesa di doorstop wartawan.


Saat di doorstop sejumlah wartawan ia mengaku sekitar 9 pertanyaan kalau gak salah saya," jawab Sekda Yusmada  diminta keterangannya sebelum meninggalkan Mapolres Tanjungbalai, sekitar pukul 17.15 WIB menaiki mobil dengan dijemput orang lain. Sembari meninggalkan wartawan.


Sekda Yusmada diperiksa penyidik KPK sekitar pukul 09.30 WIB sampai pukul 17.15 WIB. 

*Malam hari nya pemeriksaan KPK berlangsung* 

Seorang Pemborong Ternama di Tanjungbalai Ikut Diperiksa KPK

Seorang pemborong proyek pemerintah ternama di Kota Tanjungbalai, berinisial JL warga Sei Kepayang Kabupaten Asahan ikut dipanggil dan diperiksa penyidik KPK di Mapolres Tanjungbalai malam hari nya.

Dari Pukul 20.00 WIB hingga Pukul 22.00 WIB, oknum pemborong itu masih menjalani pemeriksaan oleh penyidik KPK di ruangan Sat Reskrim Polres Tanjungbalai di Unit PPA Mapolres Tanjungbalai.

Kemudian, sekitar Pukul 23.00 WIB, pemborong tersebut sudah  meninggalkan ruangan pemeriksaan.

Belum diketahui pasti apa dan bagaimana  keterkaitan pemborong tersebut dengan kasus jual beli jabatan,atau dengan hal lainnya?  

Diketahui KPK  selama dua hari ini sedang mengumpulkan bukti dan melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah pejabat Pemkot  Tanjungbalai.

Namun kabar beredar bahwa, pemeriksaan terhadap pemborong tersebut dalam rangka menindaklanjuti temuan penyidik KPK saat menggeledah rumah pribadi Wali Kota HM Syahrial.

Diduga saat rumah Walikota digeledah ditemukan berkas berkas yang menyeret nama pemborong tersebut. 

Dugaan itu semakin dikuatkan mengingat selama ini, JL cukup dikenal sebagai pemborong yang sering mendapatkan pekerjaan proyek dengan anggaran cukup besar di Kota Tanjungbalai.

Selain itu juga pada saat pemeriksaan terhadap pemborong itu dilakukan bersamaan dengan Kepala Dinas PUPR Tanjungbalai, Tetty Siregar namun di ruangan berbeda di Mapolres Tanjungbalai hingga malam hari berlangsung.

Hingga berita ini disiarkan, belum ada keterangan atau konfirmasi dari pihak terkait adanya pemeriksaan KPK terhadap pemborong ternama "JL" di Tanjungbalai tersebut. * 

Sampai saat ini, Ketika dikonfirmasi Juru bicara KPK,Ali Fikri  mengatakan untuk perkembangan akan kami sampaikan lebih lanjut. 

(PS/SAUFI)
 



Komentar Anda

Terkini: