Pemdes Sijungkang Gelar Pembelakan Relawan SDGs Desa Tahun 2021

/ Senin, 03 Mei 2021 / 14.04.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Pemerintah Desa Sijungkang Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan  menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Relawan kelompok Kerja(Pokja) pendataan Sustuinable Development Goals (SDGs) tahun 2021. Bimtek yang dilaksanakan di Kantor Desa Sijungkang, Senin, 03/05/2021.



Kegiatan ini dihadiri Kepala Desa Sijungkang Adi Mirhan Siregar, Pendamping Desa Dodi Harahap,  Aparat Desa, Tim Pokja Relawan SDGs.

Pendamping  Desa Dodi Harahap mengatakan SDGs Desa merupakan model pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa.

Dijelaskannya, " Setiap yang berdomisili 6 bulan di Desa Sijungkng wajib melapor ke Pemerintah Desa Sijungkang. Walaupun warga masyarakat secara  administrasi kependudukannya tidak berdomisili di Desa Sijungkang namun bertempat tinggal di Desa Sijungkang Wajib didata, " ujarnya. 

Kita harus paham cara mengisi aplikasinya  
Individu,  nomor ktp, kk,  jenis kelamin,  pekerjaan, penghasilan perbulan dan penghasilan Setahun. Seterusnya kondisi kesehatan dan kondisi penyakit yang diderita masyarakat, " ucap Dodi. 

Harapan kami dari pendamping desa  marilah kita bekerjasama agar pemerintahan Desa Sijungkang  berjalan lancar," beber Dodi.   

Kepala Desa Sijungkang Kecamatan Angkola Timur  menjelaskan “ SDGs Desa merupakan model pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2021. SDGs Desa adalah upaya terpadu dalam mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa dengan ekonomi tumbuh merata ,Desa peduli kesehatan, Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. “ ujarnya.

Kades Sijungkang sangat mengharapkan agar 11 orang Pokja Relawan Pendataan benar-benar serius mengikuti materi yang disampaikan oleh Narasumber dari pendamping Desa, sehingga dapat dipahami dan mampu mengaplikasikan dilapangan sesuai tugas yang diemban masing-masing peserta dengan melakukan pendataan langsung kesemua rumah wargaasyarakat yang ada di Desa agar data yang diperoleh dapat disajikan sesuai harapan dan bermanfaat sesuai Harapan” Pungkasnya.

Untuk penugasan dan penunjukan kelompok kerja relawan pendataan desa merujuk pada peraturan menteri desa PDTT No. 21 Tahun 2020 tentang POKJA relawan pendataan desa yang telah diterbitkan Surat Keputusan (SK).



 Terkait Implementasi Aplikasi SDGs Desa dalam Pendataan dan survei yang akan dilakukan oleh tim pokja mencakup survei atau pendataan pada level desa, pendataan pada level rukun tetangga (RT) atau Dusun, pendataan pada level warga atau Individu dan pendataan pada level keluarga. Pelaksanaan survei dan pengumpulan data akan berlangsung mulai periode Maret sampai Mei 2021.

Adi Mirhan Siregar mengucapkan Terimakasih kepada pendamping  desa yang sudah memberikan pemaparan manfaat pendataan SDGs Desa. 
Mudah mudahan ilmu yang diberikan bisa dilaksanakan dalammenjalankan tugasnya. 

Dalam pantauan media, kegiatan ini tetap mematuhi Pertokol Kesehatan dan Relawan diberikan materi dan bekal sehingga pendataan yang menggunakan Aplikasi SDGs berjalan lancar.



Disampaikan Kades, " pada saat menyampaikan materi, “Pendataan ini menggunakan aplikasi SDGs dijelaskan secara rinci, sehingga pendata melakukan secara manual dan pengumpulan data langsung oleh relawan, sesuai pesan pak camat Angkola Timur Ricky Hadamean Siregar. 

 Pendataan harus serius melakukan pendataan sesuai keadaan Desa tidak ada penduduk yang terlewatkan dalam pendataan ini mulai dari bayi sampai usia lanjut,” jelas Kades. 

“Pendataan SDGs  Berbasis Rumah Tangga dan Individu, Tim Relawan Kelompok Kerja (Pokja) Pendata/enumerator SDGs harus kita dukung bersama dan mendapat dukungan oleh Semua Pihak yang ada di desa baik itu Masyarakat, Pemerintah Desa dan Lembaga Desa Lainnya termasuk mitra desa, agar nanti tersedianya data desa yang akurat, partisipatif dan bisa dipertanggung jawabkan” Pungkasnya.(PS/BERMAWI)

Komentar Anda

Terkini: