Bupati Paparkan Langkah Langkah Dalam Evaluasi VLH

/ Kamis, 10 Juni 2021 / 21.05.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-PAKPAK BHARAT - Kabupaten Dairi, Sumatera Utara menjalani Verifikasi Lapangan Hybrid (VLH) dalam rangka evaluasi Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2021 oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Dikatakan Pemerintah Kabupaten Dairi telah melakukan beberapa langkah dalam pemenuhan indikator Kabupaten Layak Anak yang terbagi dalam 5 klaster. Untuk klaster hak sipil dan kebebasan, telah melaunching aplikasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Sidikalang (Perkebas)

Aplilkasi Perkebas dilakukan dengan metode layanan all in one, yakni keluarnya KIA, KK dan Akte Lahir secara bersamaan. “Dengan perkebas maka akan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan dan sekarang sudah dapat dilakukan di seluruh kecamatan di Kabupaten Dairi”, ujarnya.

Selain itu, dalam pelayanan administrasi kependudukan, Bupati Dairi mengatakan Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil telah melakukan kerjasama dengan beberapa instansi diantaranya dengan RSUD Sidikalang yang mempermudah untuk pengurusan Akta Lahir langsung di rumah sakit.

Pemerintah juga sudah membentuk aplikasi buku induk penduduk elektronik (E-BIP) yang dikembangkan untuk mengetahui data kependudukan yang ada di setiap desa sehingga seluruh Kepala Desa dapat dengan mudah dan praktis melakukan cek keberadaan warganya.

“Buku induk kependudukan tidak lagi tercetak dalam bentuk hardcopy atau buku, namun sudah berbasis elektronik yang dapat diakses secara daring,” ungkap Bupati. Selanjutnya, dalam fasilitas informasi layak anak, Bupati Dairi mengutarakan telah memiliki perpustakaan desa, perpustakaan keliling serta pusat informasi anak.

Untuk pencegahan perkawinan anak, Bupati Dairi mengatakan pemerintah telah melakukan beberapa program diantaranya kelas pintar oleh Dinas Pendidikan dengan kegiatan pengembangan pendidikan kecakapan hidup.

Dengan berbagai langkah langkah yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Dairi, Eddy Berutu berharap Kabupaten Dairi nantinya dalam KLA dapat meningkat dari Pratama menjadi Madya.

Sebelumnya, verifikator dari Kemen PPPA Endah Sri Rejeki menyampaikan apresiasi kepada jajaran Pemkab Dairi karena telah mengikuti kegiatan verifikasi. Evaluasi KLA dilakukan secara reguler dan evaluasi ini dapat diketahui sejauh mana proses pengembangan kabupaten layak anak. “Berbagai tahapan telah dilakukan mulai dari penilaian mandiri hingga verifikasi administrasi,” pungkasnya.

Evaluasi dilakukan secara virtual di hadiri Wakapolres Dairi, Kompol David P. Silalahi, Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi Drs. Leonardus Sihotang, Kasi Datun Kajari Dairi Azmi Novendri, SH dan tim verifiaktor PPA dari Provinsi Sumatera Utara, Pimpinan OPD Kabupaten Dairi, dan Ketua Tim Penggerak Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu di Balai Budaya Sidikalang, Rabu (09/06/2021). (PS/K.TUMANGGER).

 


Komentar Anda

Terkini: