Peletakan Batu Pertama Pembangunan Monumen Sortagiri di Banu Harhar

/ Minggu, 13 Juni 2021 / 14.30.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-PAKPAK BHARAT - Sortagiri adalah singkatan dari soritandang, sorigigi dan punguten sori yang merupakan cikal bakal sejarah silsilah marga Pakpak Suak Simsim menjadi Marga Berutu, Padang dan Solin yang berdomisili di daerah Banu Harhar Tanoh Simsim pada ribuan tahun lalu yang saat ini masuk dalam administrasi wilayah Pakpak Bharat Sumatera Utara.

Dalam melestarikan sejarah tersebut maka pinempar (keturunan) Sortagiri yaitu Marga Padang, Berutu dan Solin bermusyawarah menyepakati membuat tanda penghargaan sejarah terhadap leluhurnya dengan pembangunan Monumen  Sortagiri di wilayah Banu Harhar tersebut yang peletakan batu pertama atau perdana dilaksanakan pada hari Sabtu (12/06/2021).

Pembangunan Monumen Sortagiri ini dihadiri Pinempar Sortagiri seperti Bapak Eddy Kelleng Ate Berutu yang saat ini menjabat sebagai Bupati Kabupaten Dairi dan juga Bapak Dr. H. Mutsyuhito Solin yang saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Pakpak Bharat serta para tokoh sortagiri seperti Bapak Ahmad Padang, Bapak Supardi Padang, Bapak Hanafi Padang, Bapak Jamula Padang, Bapak Sofian Padang, Bapak Aslim Pudan Padang, Bapak Rustam Padang, Bapak St. Ringgas Berutu, Bapak St. Daulen Berutu, Bapak St. Osman Berutu, Bapak H. Senang Efendi Berutu, Bapak Zulkarnain Berutu, Bapak Saktimon Berutu, Ibu Heppy Berutu,   Bapak Tigan Solin, Bapak St.  Laster Solin, Bapak Hendri LA Solin, Bapak Atur Pandapotan Solin,  Bapak Sumantra Solin, Bapak Syawal Solin, Bapak Lambok Solin, Ibu Siswati Solin dan tokoh lainnya yang tidak bisa disebut semuanya.

Acara tersebut juga dihadiri Bapak Sekda Pakpak Bharat yaitu Bapak Sahat Banurea mewakili Bupati Pakpak Bharat dan dalam sambutannya sangat mengapresiasi acara pembangunan monumen sortagiri tersebut sebagai bagian dalam upaya membantu pemerintah melaksanakan visi misinya dibidang budaya pakpak.

Ditambahkan beliau bahwa pemerintah Pakpak Bharat merasa sangat terhormat atas undangan acara sortagiri  dimaksud karena sortagiri yang merupakan cikal bakal Marga Padang, Berutu dan Solin adalah marga dasar pemangku hak ulayat tanoh simsim yang menjadi wilayah administrasi Kabupaten Pakpak Bharat.

Di akhir sambutannya beliau menyampaikan harapan pemerintah agar  sortagiri yaitu Padang, Berutu dan Solin selalu bergandengan tangan dengan pemerintah dalam melaksanakan pembangunan Pakpak Bharat menuju masyarakat yang adil makmur dalam kininduma sehingga dapat mengejar kesetaraan dengan daerah lainnya.

Pada akhir acara tersebut, Bapak Ahmad Padang, Bapak Zulkarnain Berutu dan Bapak Tigan Solin mewakili pengelola acara  berterimakasih kepeda semua pinempar sortagiri yang berhadir ataupun yang belum bisa berhadir atas segala partisipasi moril dan materil dari pinempar sortagiri karena pembangunan monumen  sortagiri ini merupakan rangkain acara lanjutan yaitu seminar adat budaya dan diakhiri nantinya dengan acara utama yaitu peresmian monumen sortagiri dan pesta persodipen sortagiri yang direncanakan dapat terlaksana pada Bulan Agustus yang akan datang. Akhirnya Lias ate dan mohon maaf atas segala kekurangan dalam pelaksanaan acara dimaksud yang ditutup dengan doa yang dipandu oleh Bapak Zulkarnain Berutu.(PS/KOTING TUMANGGER).


Komentar Anda

Terkini: