Kelompok Tani Martabe Dua, Contoh Sukses Peternak Sapi Perah Di Tantom Angkola

/ Selasa, 01 Juni 2021 / 16.31.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL- Di mana ada kemauan, di situ ada jalan. Pepatah lama ini cocok untuk menggambarkan langkah Kelompok Tani  Martabe dua  Desa Batu Horpak Kecamatan Tano Tombangan Angkola, untuk menggapai sukses dalam usahanya, terutama di bidang peternakan sapi perah. Puluhan tahun menjalankan usaha tersebut, kini Ketua  kelompok Tani Martabe dua Nawir Rambe kian merasakan sukses dari kerja keras dan ketekunannya.


Kiat mereka, para anggota Kelompok Tani Martabe dua , untuk mampu membina usaha yang berhasil memang kemauan dan ketekunan. Kini, predikat kelompok tani  martabe dua  Desa Batu Horpak/ternak sapi satu satunya di Kecamatan Tano Tombangan Angkola telah mereka kantongi, suatu motivasi agar mampu berbuat yang lebih baik di masa mendatang.

Demikian disampaikan Ketua Kelompok Tani Martabe dua Nawir Rambe kepada awak media online  Selasa (1/6).

“Kelompok tani ini memang sudah berdiri puluhan Tahun. Beranggotakan  Puluhan orang Warga Desa Batu Horpak Kecamatan Tano Tombangan Angkola, yang belakangan memang lebih banyak fokus di bidang usaha peternakan sapi perah, selain tetap menjalankan usaha pertanian,” kata Ketua Kelompok Tani  Martabe dua, Nawir Rambe saat membuka percakapan ketika disambangi awak media online di salah satu warung kopi di Desa Batu Horpak Kecamatan Tano Tombangan Angkola. 

Sukses Kelompok Tani Martabe dua , setelah sering berkomunikasi dan berdiskusi dengan salah satu Ketua  Kelompok Tani yang sudah sukses di Kelurahan Lubuk Raya Simapilapil Kecamatan Hutaimbaru  Kota Padangsidimpuan  yaitu Bapak  Edi Parlis," ucap Ketua Kelompok Martabe dua. 
 



“Program  sapi perah saat ini   sudah diperkirakan akan mencukupi swasembada Susu sapi asli di Daerah Tano Tombangan angkola ini.  Susu sapi perah ini akan dibagikan kepada seluruh warung yang ada di Kecamatan Tano Tombangan Angkola dengan harga yang murah dan terjangkau, " jelas Nawir Rambe. 

Program sapi perah ini  tersebut diperkirakan akan berjalan di akhir tahun ini,  dan diyakini untuk tahun depan hasilnya sangat maksimal,” terang pria ramah dan murah senyum ini.

Soal jumlah ternak di kandang, menurut  Nawir Rambe, dalam inggu ini ada bertambah 1 Ekor sapi perah dari Ketua Kelompok Tani Di Simapilapil Bapak Edi Parlis yaitu kami bagi hasil yaitu susu perahnya untuk saya dan anak sapinya untuk Edi Parlis," tambah Rambe.(PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: