Pembangunan Jalan Usaha Tani , Wujud Kepedulian Pemdes Sibadoar Kepada Petani

/ Kamis, 24 Juni 2021 / 14.13.00 WIB
Tampak Kades Sibadoar (baju hitam)  Gojali Pulungan Ikut Membangun Jalan Rabat beton 

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Pembangunan di pedesaan kian meningkat dengan hadirnya alokasi Dana Desa yang digelontorkan oleh pemerintah pusat melalui dana APBN. Salah satunya direalisasikan oleh Desa Sibadoar Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan,  Desa Sibadoar memanfaatkan Dana Desa dengan membangun Jalan Usaha Tani demi kemajuan para petani yang ada di desa.


Anggaran 2021  ini menyerap anggaran DD dengan sejumlah pembangunan mulai dari pembangunan rabat beton. Pembangunan jalan rabat beton  tersebut tak lepas dari peran serta masyarakat. Seperti yang sedang dalam pengerjaan jalan usaha tani sepanjang kurang lebih 247 meter yang berada di desa Sibadoar. 



Peningkatan infrastruktur yang di realisasikan pemerintah desa untuk mendukung masyarakat pada bidang pertanian dan perkebunan, dengan harapan mempermudah petani dalam mengangkut hasil buminya.

Demkian disampaikan Kepala Desa Sibadoar Rojali Pulungan kepada awak media diselasela pengerjaan jalan rabat beton Rabu (23/6).

Disampaikan, Kades, " Pembangunan yang dilaksanakan merupakan hasil musyawarah dan mufakat bersama masyarakat, termasuk masyarakat yang ikut berkontribusi dalam meningkatkan kemajuan desa.

Pembangunan jalan usaha tani ini juga dilakukan sebagai upaya bentuk memenuhi sarana yang dibutuhkan masyarakat, terutama para petani. Agar mereka bisa lebih mudah dan cepat  dalam melalukan berbagai aktifitasnya sehari-hari. Apabila mereka sudah terpenuhi sarana dan prasarananya, diharapkan akan lebih semangat dalam mengelola lahan dan dapat memaksimalkan potensi yang ada," pungkas Pulungan. 

Ke depan dengan telah dibangunnya jalan usaha tani ini, hasil panen akan lebih meningkat. Infrastruktur jalan yang ada untuk mengangkut padi dan komoditi lainnya  yang dihasilkan petani telah tersedia dan tidak lagi ada petani yang mengeluh disetiap musim panen dengan ketiadaan akses jalan yang dekat dengan lahan mereka," pungkas Pulungan. 



Lebih lanjut disampaikan Kades Sibadoar Rojali Pulungan mengatakan, " Pembangunan jalan usaha tani ini sebagai wujud kepedulian pemerintah desa Sibadoar kepada para petani yang mana mayoritas warganya adalah bekerja sebagai petani, dengan adanya jalan ini nanti diharap mampu meringankan biaya mobilisasi pengangkutan hasil pertanian terutama pada musim panen padi dan hasil bumi lainnya  harap Kades 

“Pembangunan jalan usaha tani ini sudah lama di idam-idamkan masyarakat petani terutama petani yang ada di areal pembangunan jalan sekarang.

Pengerjaan jalan usaha tani ini kita sudah mulai dan diharapkan siap bulan Juni ini, Anggaran yang di gunakan untuk pembangunan jalan ini berasal dari dana desa 2021  tahap 1 sebesar kurang lebih Rp 77.971.100," Tutup kades.(PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: