Pemkab Samosir Peringati Hari Lahir Pancasila

/ Selasa, 01 Juni 2021 / 18.28.00 WIB
POSKOTASUMATERA.COM-SAMOSIR - Pemerintah Kabupaten Samosir memperingati hari lahirnya Pancasila, Selasa (01/06). Upacara itu berlangsung secara virtual dilaksanakan di Ruang Lobby kantor Bupati Samosir. 

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, dan Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang, Kejari Samosir, Kapolres Samosir, Danramil Pangururan, Sekretaris Daerah, Para Asisten, dan sejumlah pimpinan OPD mengikuti acara yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi dari Istana Kepresidenan. 

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Presiden Joko Widodo, pada pidatonya menyampaikan agar peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 

Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia ini berdiri, namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan. Globalisasi dan interaksi antarbelahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan.

Jokowi juga menghimbau agar meningkatnya rivalitas dan kompetisi, termasuk rivalitas antarpandangan, rivalitas antarnilai-nilai, dan rivalitas antarideologi. Ideologi transnasional cenderung semakin meningkat, memasuki berbagai lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara dan berbagai strategi. 

Presiden menegaskan bahwa dalam menghadapi perluasan dan pendalaman nilai-nilai pancasila tidak diperlukan cara-cara baru yang luar biasa dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi terutama Revolusi Industri 4.0.

‘’Saya mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama , tokoh masyarakat, para pendidik, kaum prefesional, generasi muda Indonesia, untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju yang kita cita-citakan”, tegas Jokowi mengakhiri sambutannya. (PS/PL)
Komentar Anda

Terkini: