Pertajam RPJMD, Bupati Samosir Undang Camat Dan Kades Se Samosir

/ Selasa, 08 Juni 2021 / 20.39.00 WIB
POSKOTASUMATERA.COM - Untuk mempertajam pemahaman terhadap RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengan Daerah) Kabupaten Samosir Tahun 2021-2026, Bupati Samosir mengundang dan mengelar pertemuan dengan Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Samosir, yang bertempat di Hotel Vantas, Desa Sialanguan. 

Pada pertemuan itu, Bupati Samosir, Vandiko T Gultom mengatakan dengan ditetapkannya Danau Toba sebagai destinasi super prioritas oleh Presiden Jokowi, maka perlu dukungan dari seluruh unsur, termasuk desa dan masyarakatnya. 

"Kepala Desa mempunyai peranan penting dalam memotivasi dan memberdayakan masyarakat untuk turut serta dalam pembangunan di Kabupaten Samosir ini. Sebab Desa menjadi ujung tombak pembangunan suatu Daerah". 

Untuk membuka lahan tidur menjadi produktif, Vandiko berharap Kepala Desa mampu mengajak masyarakat untuk mengolah menjafi lahan pertanian. Sementara untuk jalan pertanian, Pemkab Samosir siap membantu menyediakan alat berat dan fasilitas pendukungnya. 

Selain memberikan pelayanan publik yang optimal kepada masyarakat, tiap desa juga perlu menetapkan tapal batas antar desa. Karen dari 134 desa/kelurahan yang ada di Samosir, hanya 13 desa yang sudah menetapkan batas desa melalui Peraturan Bupati Samosir.

Wakil Bupati Samosir, Martua Sitanggang, yang juga hadir pada acar itu berharap agar kepala desa mampu membuat profil desa yang berisikan potensi desa, serta potensi yang dapat dikembangkan untuk menambah pendapatan desa. (PS/PL)


Komentar Anda

Terkini: