Prof. Dr. Sri Minda Murni, M.S : Pembelajaran Bermakna Merubah Cara Fikir dan Cara Hidup Siswa

/ Sabtu, 26 Juni 2021 / 07.32.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-PAKPAK BHARAT- Pembelajaran bermakna dan merubah cara berfikir dan cara hidup siswa,hal itu disampaikan Guru Besar Unimed  Prof. Dr. Sri Minda Murni, M.S. isteri Wakil Bupati Pakpak Bharat Dr. H. Mutsyuhito Solin, Jumat  (26/06/2021) menjadi pembicara pada Webinar Seminar Nasional sekaligus Pelantikan Pengurus Ikatan Guru Indonesia (IGI) Wilayah Sumatera Utara periode 2021-2026.

Ditambahkan  Guru Besar Unimed itu,pembelajaran bermakna  bertujuan untuk mengubah cara berfikir siswa sekaligus cara mereka menjalani kehidupan.

Ada beberapa strategi yang dapat dilakukan: active, constructive, intentional, authentic, cooperative (mengaktifkan siswa, meminta siswa membangun sesuatu yang baru, memberi siswa kesempatan merumuskan tujuan belajarnya, memanfaatkan konteks kehidupan sehari-hari, dan membangun kerjasama).

Di era pandemi covid-19 pembelajaran akan dilaksanakan dengan tatap muka secara terbatas selama 2 hari per minggu, 2 jam per hari, dan bergantian dengan maksimal 25% siswa.  Dengan kata lain siswa masih akan banyak dituntut untuk belajar mandiri.

Untuk menghindari kebosanan dan kebingungan karena terus menerus diminta mengerjakan tugas-tugas di buku teks, guru diminta merancang skenario pembelajaran yang lebih kontekstual dengan memanfaatkan kehidupan sehari-hari siswa.

Tantangan penugasan yang diberikan harus menuju kepada berubahnya cara fikir dan cara hidup siswa.

Sebagai contoh, setelah diberi pengalaman belajar baik secara daring maupun luring, siswa menjadi sangat proaktif menggagasi pelaksanaan protokol kesehatan di rumah dan lingkungan sekitarnya, padahal sebelumnya mereka sangat tidak perduli seolah prokes merupakan tugas pemerintah. Hampir 1000 orang guru menghadiri webinar dari sejumlah kabupaten/kota di Sumatera Utara. .(PS/KOTING TUMANGGER).


 

Komentar Anda

Terkini: