Puluhan Elemen Wartawan Medan Utara Menggelar Aksi Damai di Depan PT.Pelindo l Belawan Atas Tewasnya Wartawan Simalungun

/ Rabu, 23 Juni 2021 / 11.58.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-BELAWAN -Puluhan wartawan yang mewakili beberapa Elemen Wartawan Medan Utara menggelar aksi solidaritas kasus pembunuhan wartawan media online, Marsal Harahap alias Marsal yqng ditemukan meninggal didalam mobilnya sekitar 300 Meter dari kediamannya di Huta 7,Pasar 3 Nagori,Karang Anyer,Kab.Simalungun,Sumatera Utara.Aksi digelar di depan PT.Pelindo I tepatnya di Jln.Pelabuhan Raya ll Belawan,Kel.Belawan ll,Kec.Medan Belawan,Rabu (23/06/2021) sekira pukul 10.00 Wib s/d selesai.

Massa yang tergabung dari beberapa Elemen Wartawan yang ada di Medan Utara ini melakukan aksi solidaritas mengecam tindakan kekerasan terhadap para jurnalis.

Mereka mendesak aparat kepolisian menangkap pelaku dan mengusut tuntas kasus ini. "Meminta aparat penegak hukum menangkap pelaku dan mengusut tuntas kasus ini," ujar Wilmar Napitupulu pimpinan Orasi kepada Wartawan.

Kasus kekerasan terhadap jurnalis, Kata Wilmar tak hanya kali ini terjadi, bahkan sering terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia. Padahal, lanjutnya, jurnalis dalam melaksanakan tugas jurnalistiknya dilindungi undang-undang.

"Kami akan terus mengawal dan mendukung penegak hukum untuk mengusut kasus ini sampai pelaku ditangkap dan dihukum," pungkasnya.

Pantauan Wartawan di lokasi,Aksi damai yang digelar tersebut, menyampaikan sejumlah tuntutan berupa.

1. Mengutuk keras terhadap aksi kekerasan penembakan yang dialami Marasalim Harahap, dimana aksi kekerasan yang menghilangkan nyawa itu merupakan tindakan yang tidak berprikemanusiaan dan melawan hukum. 

2. Mendesak Polisi Republik Indonesia khususnya Polda Sumatera Utara untuk segera mengusut tuntas kasus tersebut dan membawa pelaku serta yang terlibat ke meja hijau, hukum harus ditegakkan tanpa terkecuali. 

3. Meminta Kapolda Sumatera Utara bersikap teransparan dalam perkara pembunuhan rekan kami Marasalim Harahap, agar tidak terjadi simpang siur informasi. 

4. Mendukung pihak Kepolisian untuk mengusut tuntas pelaku tindak kekerasan terhadap rekan kami Marasalim Harahap. 

5. Meminta pihak Kepolisian Sumatera Utara khususnya Polres Pelabuhan Belawan meningkatkan rasa nyaman dan aman terhadap wartawan Medan Utara dalam menjalankan tugasnya di wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan.

Hadir dalam aksi Solidaritas Damai tersebut yakni Ketua Belawan Pers Club Maju, Irwan S Pane, Ketua Awan Merah, Nursidin, Ketua Tim II Jurnalis Medan Utara, Farel, Ketua yang mewakili dari Wartawan Maritim Belawan, Palli, Ketua JOB, Riadi dan Ketua MUP yang diwakili Erwin Tambunan serta para awak media lainnya.

Setelah menyampaikan aksi tersebut, puluhan wartawan lalu membubarkan diri dengan tertib. Aksi tersebut berjalan dengan aman dan tetap mengikuti protokol kesehatan, sesuai dengan himbauan pemerintah.(PS/RIADI)

Komentar Anda

Terkini: