Rehab MCK Selesai, Warga Masyarakat Desa Haunatas Ucapkan Terimakasih Kepada Kades

/ Rabu, 16 Juni 2021 / 20.44.00 WIB

 

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Rehab MCK selsai, warga masyarakat Desa Haunatas Kecamatan Marancar ucapkan terimakasih kepada Kepala Desa  Latulanda Pasaribu karena Pembangunannya sukses dan lancar. 

Demikian disampaikan warga masyarakat Desa Haunatas B. Simanjuntak kepada awak media online Rabu (16/6).

Setelah direhab MCK Desa Haunatas kini warga masyarakat Desa Haunatas audah bisa menikmatinya, " ujar Simanjuntak. 


Kepala. desa Haunatas Latulanda Pasaribu mengatakn bahwa ehab MCK ini bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat dan memenuhi kebutuhan masyarakat, melihat dari segi kebutuhan tersebut. Pemerintah Desa (Pemdes) Haunatas, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) melaksanakn rehabilitasi MCK melalui Dana Desa tahun Anggaran 2021.

“Kebutuhan MCK (Mandi Cuci Kakus) menjadi kebutuhan dasar sehari hari bagi warga, inilah yang menjadi pemikiran, yang bertekad bersama aparatur pemerintahan desa dan warga untuk melakukan rehabilitasi MCK. Dan kini akhirnya mimpi itu terwujud,” ucap Kepala Desa Haunatas, Latulanda Hadamean Pasaribu kepada awak media online Rabu (16/6),

 
Disampaikan Latulanda Hadamean Pasaribu,  mengatakan pembangunan rehabilitasi  sarana MCK Fasilitas umum Desa ini merupakan program pemerintahan Desa Haunatas yang dianggarkan dari Dana Desa (DD) tahap 1, pada tahun 2021 dengan anggaran Rp.55.189.650.  Berkat kerja keras semua pihak rehab pembangunan mck selesai. 

Lebih lanjut disampaikan,"rehab mck ini dilaksanakan berdasarkan  musyawarah warga masyarakat  demi untuk meningkatkan derajat  kesehatan masyarakat.

Pembangunan sarana MCK  diharapkan dapat mengurangi pencemaran lingkungan khususnya terhadap sungai dan dampak negatif yang ditimbulkan oleh buruknya sistem sanitasi bagi kesehatan masyarakat, serta dari serangan berbagai macam penyakit menular berbahaya," jelas Kades 

 


Lebih lanjut dia berharap bahwa program rehabilitasi fasilitas umum desa MCK dilapangan ini bisa mengurangi keluhan warga sekitar dan bila ada acara acara tertentu dilapangan bisa digunakan dengan baik dan bersih agar sampah dan kotoran yang ada disekitar lapangan bisa teratasi.

 
Menurut Kades  MCK yang dibangun yaitu membuat pembatas air atau pintu air agar air masuknya normal walaupun misalnya airnya datangnya besar, Membuat bak jamban yang dulunya tidak ada untuk penampungan airnya di jamban tersebut.Seterusnya membuat taman MCK untuk memperindah dan kesejukan agar terlihat lebih nyaman dan bersih.(PS/BERMAWI)



Komentar Anda

Terkini: