Samosir Ditetapkan Jadi Kabupaten kreatif

/ Jumat, 04 Juni 2021 / 18.09.00 WIB
POSKOTASUMATERA.COM-SAMOSIR - Setelah melalui tahapan yang dilakukan sejak tanggal 30 April-4 Mei 2021, akhirnya Tim Penilai PMK3I (Penilaian Mandiri Kabupaten Kota Kreatif Indonesia) menetapkan Kabupaten Samosir menjadi Kabupaten Kreatif.

"Semua tahapan itu tentunya bisa berlangsung dengan baik atas kerja sama semua pihak, baik dari Pemerintah Kabupaten Samosir, pelaku ekonomi kreatif dan masyarakat. Mulai dari pengisian formulir, sosialisasi, wawancara hingga kesepakatan bersama" Kata Koordinator Subdit Pengembangan Sektor Kreatif, Kemen Parekraf, Henri Karnoza, Usai menandatangani kesepakatan. 

Henri mengatakan bahwa ekonomi kreatif merupakan bagian penting dalam perkembangan Danau Toba khususnya Samosir sebagai Destinasi Super Prioritas (DSP). Oleh karena itu diharapkan kepada seluruh stakeholders bertanggung jawab dalam kemajuan ekonomi kreatif dan pariwisata. 

Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Hariyanto S. Sos, yang juga ikut hadir menyampaikan setelah tahap pengusulan, penggalian, pemetaan dan verifikasi selesai dilalui  akhirnya Samosir disepakati menjadi Kabupaten kreatif subsektor seni pertunjukan. "Ini kesempatan besar bagi Kabupaten Samosir untuk meningkatkan ekonomi kreatif dan pariwisata. Jadi, jangan disia-siakan,” Tegasnya.

Kata Hariyanto dengan ditetapkannya Kabupaten Samosir sebagai kabupaten kreatif, membuat Pemerintah Pusat berkewajiban dalam memberikan dukungan. Pemerintah Pusat akan melakukan pendampingan, mendorong tumbuh berkembangnya seni pertunjukan agar bermanfaat kepada masyarakat Samosir, melakukan penetrasi program dan fasilitasi dukungan, memfasilitasi kolaborasi dan membangun jejaring subsektor yang sama antar kabupaten di Indonesia. 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara dr Ria Novida Telaumbanua meminta agar melibatkan semua pihak, terutama anak-anak muda untuk memberikan sentuhan terhadap kegiatan-kegiatan ekonomi kreatif yang ada. Kemas promosi semenarik mungkin dengan memanfaatkan media digital. Maka karya-karya kreatif kita akan mendunia dan dikenal di tingkat nasional maupun internasional. 

Wakil Bupati Samosir, Martua Sitanggang menyampaikan terimakasihnya atas ditetapkannya Samosir sebagai Kabupaten Krwatif. Kabupaten Samosir akan terus berinovasi dan berkerjasama terhadap seluruh pihak terkait dalam pembangunan ekonomi kreatif dan pariwisata. 

Kita harus membangun sinergitas, baik itu sesama OPD, kepada para pelaku ekonomi kreatif, dan yang paling utama kepada Pemerintah Pusat. Peluang ini jangan disia-siakan. Apalagi Danau Toba menjadi KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional) akan kita manfaatkan untuk meningkatkan PDRB (Produk Domestik Regional Bruto). Kata Martua (PS/PL)
Komentar Anda

Terkini: