Wakil Ketua PKK Pakpak Bharat Ikuti Bimtek Penguatan Bunda PAUD Secara Virtual Dengan Dirjend.Kemendikbudristek

/ Rabu, 16 Juni 2021 / 17.13.00 WIB

"Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Pakpak Bharat Prof. Dr. Sri Minda Murni, M.S,ikuti Bimtek secara virtual dengan Dirjend Kemendikburitek"
POSKOTASUMATERA.COM - PAKPAK BHARAT - Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Pakpak Bharat Prof. Dr. Sri Minda Murni, M.S,mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Penguatan Bunda PAUD yang dilaksanakan secara virtual dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) berlangsung  dari tanggal 16 - 19 Juni 2021. 

Usia 0-6 tahun adalah usia emas yang tidak pernah akan kembali. Saat anak lahir ia memiliki 100 miliar sel. Setiap detik 700 - 1000 sinapsis (koneksi antar sel) baru terbentuk sebagai hasil dari stimulasi lingkungan. Tingkat koneksi yang terbentuk di otak anak pada saat terjadi stimulasi adalah 10 kali lipat dari koneksi yang dapat dilakukan oleh internet. 

Cara memperkuat koneksi pada otak anak adalah dengan memberikan perhatian penuh, mengajak anak berkomunikasi, dan selalu menjaga kontak mata. Tiga hal ini justru paling sering diabaikan orangtua dan orang dewasa lain di sekitar anak. 

Perlakuan-perlakuan negatif pada anak seperti dipaksa berhenti pada saat sedang asyik mengamati, dimarahi, dibanding-bandingkan, ditakut-takuti dan semua bentuk tindakan kekerasan dan sebagainya akan memangkas koneksi ini secara signifikan. Justru ini lah yang paling sering dialami anak dari orangtua dan orang dewasa lain di sekitarnya. 

Isu lain yang penting dalam penguatan PAUD adalah penanganan gizi buruk yang mengakibatkan perkembangan otak anak tidak maksimal serta stunting. Khusus untuk stunting, usia 0 - 2 tahun merupakan saat preventif dan usia 3 - 6 tahun merupkan masa mitigatif.

Pokja PAUD diharapkan dapat mengadvokasi dan berkordinasi untuk menciptakan kegiatan-kegiatan yang dapat menstimulasi perkembangan psikososial anak, kesehatan, gizi, dan meningkatkan keterlibatan orangtua dalam pengasuhan anak usia dini,demikian disampaikan Wakil Ketua PKK Kabupaten Pakpak Bharat Prof. Dr. Sri Minda Murni, M.S. atau Nyonya, Dr.H.Mutsyuhito Solin,M.Pd selaku Wakil Bupati Pakpak Bharat.(PS/KOTING TUMANGGER).


 

Komentar Anda

Terkini: