Bupati Tapsel Ingin Adakan Safari Kurban di Daerah yang Ekonominya Perlu Disentuh

/ Sabtu, 10 Juli 2021 / 19.59.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H Dolly Pasaribu, SPt MM, mengatakan, sebelum pandemi Covid-19 melanda Indonesia, Pemkab Tapanuli Selatan (Tapsel) kerap melakukan aktivitas yang berkaitan dengan hari besar umat Muslim di antaranya, Safari Ramadan, Muharram, Maulid, maupun Isra Mikraj. Itu dilakukan demi menjalin kedekatan dengan masyarakat.



"Tujuan lain dari kegiatan Safari itu yakni, para OPD di jajaran Pemkab Tapsel bisa turun langsung melihat kondisi secara riil yang terjadi di tengah-tengah masyarakat," ungkap Dolly disela rapat perencanaan Safari Kurban di Aula Beringin Eks Kantor Bupati Tapsel, Jalan Kenanga No 74, Kota Padangsidimpuan, Senin (5/7) malam.


Akibat pandemi Covid-19, lanjut Dolly, tidak dipungkiri bahwa pendapatan masyarakat tentu berkurang. Sejak tahun lalu, Dolly telah mendapati bahwa pendapatan dari masyarakatnya terjadi penurunan. Menurut Dolly, hal tersebut merupakan konsekuensi logis akibat yang ditimbulkan dari pandemi Covid-19.


"Jadi ketika Hari Raya Kurban tahun lalu, saya keliling ke masyarakat mencari daerah yang di tahun sebelumnya mampu (berkurban). Tapi, tahun berjalan tidak berkurban atau mereka minoritas sehingga kurban menjadi satu hal yang sulit dilakukan," imbuh Bupati.


Setelah melakukan pendataan, tahun lalu akhirnya Dolly melakukan kurban di daerah yang pendapatan masyarakatnya menurun dan minoritas. Atas situasi itu, menurut Dolly tahun ini dianggap cocok untuk dilaksanakan Safari jenis baru yakni, "Safari Kurban". 


Tentunya lokasi "Safari Kurban" itu diambil di daerah minoritas yang ekonominya perlu disentuh oleh pemerintah. Bilamana, ada ASN yang malaksanakan kurban di daerah minoritas atau yang ekonominya perlu disentuh, Dolly berharap agar diberi tahu kepadanya sehingga Pemkab Tapsel bisa memberi sesuatu guna menyentuh daerah tersebut.


"Selain itu, kami berharap, kegiatan kurban menjadi agenda rutin Pemkab Tapsel pada tahun-tahun berikutnya," tutupnya.


Turut hadir, Sekda Tapsel Parulian Nasution, para Asisten, pimpinan OPD, Kepala Bagian dan Camat se-Tapsel. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: