Bupati Tapsel Tinjau Lokasi Kandang Kesiapan Kurban Di Desa Huta Godang Kecamatan Batangtoru

/ Senin, 19 Juli 2021 / 19.31.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H Dolly Pasaribu SPt MM meninjau lokasi kandang tempat penyimpanan sapi kurban yang akan didistribusikan ke-15 kecamatan untuk disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1442 H di Desa Huta Godang, Kecamatan Batang Toru, Kabupaten Tapsel, Senin (19/7).



Bupati mengatakan, kedatangannya ke kandang tersebut adalah untuk mengecek kesiapan dan kondisi 49 ekor sapi yang akan diserahkan ke lokasi penyembelihan hewan kurban. Ke-49 ekor sapi itu juga dalam keadaan sehat dan nantinya akan disembelih setelah terlebih dahulu diserahkan Pemkab Tapsel ke daerah yang telah terinventarisir sebelumnya.


"Hewan kurban sebanyak itu terwujud berkat sumbangan keluarga Bupati, Wakil Bupati, Sekda, pegawai ASN Tapsel, ASN Kemenag Tapsel, PT Agincourt Resources dan PT NSHE," jelas Dolly. 


Lebih lanjut, Bupati menyebut bahwa pembagian hewan kurban itu bagian dari Safari Kurban yang mulai tahun 2021 ini dicanangkan. Sasarannya adalah daerah-daerah yang ekonomi masyarakatnya terdampak pandemi Covid-19, juga di daerah itu belum pernah diadakan kurban dan masyarakat Muslim yang minoritas dan beberapa pertimbangan lain. Adapun nama-nama desa yang telah tercatat untuk menerima sapi kurban di antaranya Desa Hapesong Baru (Batang Toru) dan Gunung Binanga (Marancar).


Kemudian, Kelurahan Sangkunur (Angkola Sangkunur), Desa Sipangko (Angkola Muara Tais), Desa Aek Badak Julu (Sayur Matinggi), Tapus Pargarutan Dolok (Angkola Timur), Desa Kilang Papan (Sipirok), Panabari Huta Tonga (Tantom Angkola), Kampung Aek Kapur Desa Sihuik-huik (Angkola Selatan), Desa Damparan Haunatas (SD Hole).


"Serta Desa Dalihan Natolu (Arse), Desa Siuhom (Angkola Barat), Desa Tolang (Aek Bilah), MTsN Batang Angkola (Batang Angkola), dan Desa Pardamean (Muara Batang Toru)," jelas Bupati.


Untuk kurban yang disalurkan oleh PT. Agincourt Resources dititikberatkan di 15 desa yang berada dilingkar tambang. Dan setiap kurban yang didistribusikan mengikutkan 2 orang Marbot Masjid sebagai peserta kurban.


Adapun kurban yang dipersiapkan PT. NSHE dipusatkan disekitar daerah Sipirok, Marancar, Batang Toru dan Angkola Sangkunur, terang Dolly seraya berharap, kegiatan itu nanti dapat terus dilanjutkan seperti halnya Safari Ramadan, Maulid Nabi, Muharram, maupun Isra Mikraj. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: