HNSI Sumut apresiasi TNI-AL:5 Nelayan Sumut akhirnya kembali.

/ Minggu, 04 Juli 2021 / 10.40.00 WIB
Zulfahri Siagian (Ketua DPD HNSI Sumut) didampingi Waka DPC HNSI Kab Deliserdang Togu Maulana Aritonang, bersama Letkol (P) Kus Kurniawan ( Komandan KRI Kerambit) yang membawa 5 Nelayan Deliserdang yang terdampar di sekitar Pulau Jarak Malaysia

POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Sesuai pemberitaan sebelumnya bahwa 5 Nelayan Sumut asal Deliserdang  mengalami kecelakaan di Selat Malaka akhirnya dapat diselamatkan dan kembali ke keluarganya..

Kronologis;

Ke 5 Nelayan tersebut;

1. Dedy,     36 Tahun, 

2. Shahjemi, 18 Tahun, 

3. Tawakkal, 16 Tahun, 

4. Faisal, 35 Tahun,  

5. Mohd Reza,  14 Tahun, 


Berangkat ke laut (Selat Malaka) 25 Juni 2021 menggunakan kapal ikan 5 GT.


Kemudian  tanggal 2 Juni 2021 sekira pukul 02.00 WIB kapal ikan yang mereka naiki tenggelam disebabkan karena cuaca buruk. Kelima nelayan tersebut menggantungkan tubuhnya pada drum ikan untuk bertahan menyelamatkan diri. 


Kemudian pada tanggal 2 Juni 2021 sekira pukul 12.00 WIB, kelima nelayan tersebut telah diselamatkan oleh satu Kapal Ikan berbendera Malaysia, kemudian kapal ikan berbendera Malaysia tersebut menurunkan ke 5 Nelayan Indonesia tersebut di sekitar perairan Pulau Jarak, Malaysia, Sekitar 10 jam ke 5 Nelayan terapung dilaut.


Kemudian pukul 14.35 WIB  petugas penjaga stasiun pengawas di Pulau Jarak telah memonitor 5 orang yang tidak dikenal berenang mendekat stasiun pengawas dan kemudian naik ke darat.


Hasil koordinasi antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Malaysia bahwa kelima WNI Nelayan asal Indonesia akan dipulangkan dengan menggunakan unsur gelar dari Koarmada I yaitu KRI Kerambit-627 yang akan bertemu dengan unsur dari APMM Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia Perak yaitu KM. Tugau.


Akhirnya KRI Kerambit-627 membawa ke 5 Nelayan kembali ke Pangkalan TNI-AL di Belawan untuk di Serahkan kepada keluarganya.


Atas kejadian ini kami DPD HNSI Sumut mengucapkan terima kasih kepada TNI-AL yang telah melakukan kegiatan penyelamatan anggota kami.


Saya akan minta kepada DPC HNSI Deliserdang untuk membuat laporan kejadian ini kepada Pemerintah Kabupaten Deliserdang untuk mendapat perhatian lebih lanjut, ungkap Fahri.(PS/DW)

Komentar Anda

Terkini: