Lantamal I Belawan Kembali Gelar Serbuan Vaksin pada Warga Maritim di Medan

/ Minggu, 18 Juli 2021 / 01.30.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-BELAWAN- Menindaklanjuti perintah Panglima TNI untuk melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 TNI ke Wilayah 34 Provinsi secara serentak dan massif di wilayah masing-masing.

Hal ini  untuk percepatan vaksinasi Covid -19 kepada masyarakat penduduk Indonesia supaya mendapatkan Herd Immunity (kekebalan kelompok) dimana kondisi ketika sebagian besar orang dalam suatu kelompok telah memiliki kekebalan terhadap penyakit menular.

Maka untuk mencapai kondisi tersebut kembali lagi Pangkalan Utama TNI AL I (Lantamal I) melaksanakan Serbuan Vaksinasi Massal kepada Masyarakat Maritim Kota Medan di wilayah kerja Lantamal I dan Keluarga besar TNI Angkatan Laut bertempat di Terminal penumpang Pelabuhan Bandar Deli Pelindo I Belawan, Sabtu (17/07/2021)

Kegiatan serbuan vaksinasi massal ini sesuai dengan program pemerintah "Satu Hari Satu Juta Dosis Vaksin" diberikan kepada masyarakat dan selaras dengan perintah dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., untuk menggelar serbuan vaksinasi massal khususnya kepada masyarakat maritim yang berada diwilayah pesisir, di pulau-pulau kecil, pelabuhan kapal maupun pelabuhan penyeberangan orang,
komplek- komplek perumahan TNI AL.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 massal yang dilaksanakan hari ini di Terminal penumpang Pelabuhan Bandar Deli Pelindo I Belawan ditargetkan dapat tervaksin 1000 orang, selain masyarakat yang berusia dewasa juga sasaran diperuntukan bagi usia remaja antara 12 sampai dengan 17 tahun. Karena masih remaja dan masih duduk dibangku sekolah dan belum mempunyai KTP sendiri maka untuk pendaftaran diwajibkan membawa fotocopy Kartu Keluarga (KK)

Setelah selesai divaksin, peserta dihimbau untuk tetap tinggal ditempat untuk menjalani observasi selama 30 menit guna mengetahui reaksi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) atau efek samping dari vaksin Covid-19 tersebut dengan tujuan apabila terjadi gejala yang tidak diinginkan akan dapat ditangani dengan cepat.

Sementara itu Lantamal I Belawan sudah menggelar vaksinasi massal dibeberapa tempat diwilayah Kota Medan dan Deli Serdang. Khususnya kabupaten Deli Serdang difokuskan kepada masyarakat pesisir Kampung Bahari Nusantara binaan Lantamal I Belawan. Sementara di Kota Medan difokuskan pada daerah pelabuhan, kampung nelayan dan komplek perumahan TNI AL sudah sebanyak 9 kali. Sedangkan masyarakat maritim dan Keluarga Besar TNI Angkatan Laut yang telah berhasil di vaksin sebanyak 7.039 orang ditambah hari ini ditargetkan 1000 orang sehingga masyarakat yang sudah divaksin sekitar 8.000 orang.

Untuk mendukung pelaksanaan kegiatan vaksinasi massal diterjunkan tenaga kesehatan sebagai vaksinator sebanyak 8 Tim yang terdiri dari 4 Tim dari RSAL Komangmakes Belawan dan Dinas Kesehatan Lantamal I serta 4 Tim dari RS. Eshmun, RS. PHCM, Puskesmas Belawan dan Puskesmas Sicanang.

Dalam pelaksanaan serbuan vaksinasi massal ini tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan harus memakai masker, menjaga jarak dengan tidak bergerombol yang selalu dingatkan oleh personel Babinpotmar, personel Pomal dan anggota Yonmarhanlan I yang ikut membantu dalam mengatur peserta vaksinasi.

Dalam kegiatan serbuan vaksinasi covid-19 TNI ke wilayah 34 Provinsi secara serentak dan massif di wilayah masing-masing sesuai perintah Panglima TNI di tinjau langsung Danlantamal I dalam hal ini diwakilkan WS. Wadan Lantamal I Kolonel Laut (P) M. Sjamsul Rizal didampingi oleh pejabat utama dan Kadis/Kasatker Lantamal I.
(PS/SAMSUL B HASIBUAN)

Komentar Anda

Terkini: