Pemkab Tapsel Sosialisasi Kemudahan Berusaha Dan Kemitraan Usaha Di Kecamatan Batangtoru

/ Senin, 05 Juli 2021 / 22.23.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan melalui Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan melaksanakan sosialisasi kemudahan berusaha dan kemitraan berusaha bagi pelaku usaha di Kecamatan Batangtoru di Kelurahan Aek Pining Kecamatan Batangtoru Senin (5/7).


Hadir sebagai nara sumber Kabid Penyelenggaraan Pelayanan Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu  Padot Harahap, Kabid Perdagangan Dinas Perdagangan dan Koperasi UKM Lena Sari Dalimunthe,STP,MSP,  Dinas Perindustrian Kabupaten Tapanuli Selatan Halimatussakdiyah, Dinas Tenaga Kerja Tapsel yang diwakili Kasi Bina Tenaga Kerja dan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padangsidimpuan Yuswiriadi.

Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan Yang diwakili Kabid Penyelenggaraan Pelayanan Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu Padot  Harahap dalam pemaparannya antara lain menyampaikan proses  perijinan berusaha yang berbadan Hukum di OSS. Setelah investor registrasi dan login OSS, investor dapat akses data pengesahan AHU. Data tersebut dikirim oleh AHU ke OSS secara online.

Lebih lanjut disampaikannya," persayaratan sistem OSS yaitu E-KTP, Nomor HP yang aktif, email yang aktif,NPWP.  

Selanjutnya Padot Harahap menjelaskan user manual registrasi akun di sistem OSS,  cetakan produk NIB. Format keputusan pemberian izin lokasi dan pemenuhan  komitmen,  cetakan produk izin usaha.  

Beliau berharap kepada peserta yang hadir dalam acara ini menyampaikan hasil Sosialisasi ini kepada warga masyarakat yang tidak hadir dalam acara ini. 

Selanjutnya Kabid Perdagangan  Lena Sari Dalimunthe  berharap menawarkan barang dagangannya melalui online seperti Lazada,  www.poken tapsel go.id, tokopedia.  Bila ada yang kurang mengerti bisa menawarkan produknya secara online silahkan mendatangi Kantor Dinas Perdagangan Tapsel, " ujarnya.

Selanjutnya dari Dinas Perindustrian menyampaikan bahwa kami dari Dinas Perindustrian sifatnya hanya memberikan rekomemdasi, sedangkan untuk ijin tetap Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan  yang mengeluarkannya.  

Disampaikannya, " saat ini Dinas Perindustrian Tapsel mempunyai anggaran untuk memberikan bantuan peralatan seperti bantuan mesin jahit baru baru ini di Desa Hapesong Baru kecamatan Batangtoru.  Silahkan buat profosal ke Kantor Dinas Perinsustrian nanti kami akan cek dan berikan bantuan peralatan," Ucapnya. 

Sementara Dari BPJS Ketenagakerjaan Yuswiriadi menjelaskan manfaat menjelaskan manfaat dari program BPJS ketenagakerjaan kepada peserta sosialisasi.

Di akhir acara Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sofyan Adil menyampaikan permohonan maaf  tidak bisa hadir di acara sosialisasi ini tadi pagi karena mendampingi Bapak Bupati Tapsel pada  acara pelatihan  aparatur Desa di Kecamatan Marancar.  

Sofyan Adil berharap hasil dari pemaparan nara sumber ini disampaikan kepada warga masyarakat  sekitar kita agar mereka mengetahui dan mau mengurus ijin usahanya.  

Acara terakhir ditutup oleh Plt Camat Kecamatan Batangtoru Arman Pasaribu, S. Sos dan diteruskan foto bersama. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: