Vaksinasi Dosis ke-2, Lantamal I Kembali Gelar Serbuan Vaksinasi Covid-19 Disambut Antusias Tinggi Masyarakat

/ Kamis, 29 Juli 2021 / 17.35.00 WIB

 


POSKOTASUMATERA.COM-BELAWAN-Untuk melengkapi vaksinasi Covid-19 tahap ke-2, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Lantamal I) Belawan kembali menggelar serbuan vaksinasi massal bagi masyarakat maritim Kota Medan bertempat di Terminal penumpang Pelabuhan Bandar Deli Pelindo I Belawan, Kamis (29/07/2021) 

Sesuai dengan Instruksi Panglima TNI untuk melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 TNI ke Wilayah 34  Provinsi secara serentak dan massif di wilayah kerja masing-masing, supaya tercapai percepatan vaksinasi Covid -19 kepada masyarakat penduduk Indonesia agar mendapatkan kekebalan kelompok (Herd Immunity) diatas 70 % pupulasi. 

Hal ini sesuai dengan program pemerintah "Satu Hari Satu Juta Dosis Vaksin" yang harus diberikan kepada masyarakat. 

Untuk menindaklanjuti instruksi tersebut Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., memerintahkan kepada seluruh jajaran satuan TNI Angkatan Laut dimanapun berada untuk menggelar serbuan vaksinasi massal khususnya kepada masyarakat maritim yang berada diwilayah pesisir, masyarakat nelayan di pulau-pulau terpencil, pelabuhan kapal maupun pelabuhan penyeberangan orang, komplek-komplek perumahan TNI AL dan Kampung Bahari Nusantara binaan Dispotmar TNI AL. 

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk vaksin yang ke-2 yang digelar di Terminal penumpang Bandar Deli Pelabuhan Pelindo I Belawan ditinjau langsung oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL I (Danlantamal I) Belawan Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono didampingi oleh WS, Wadan Kolonel Laut (P) Sjamsul Rizal, Pejabat Utama dan Kadis/Kasatker Lantamal I. 

Adapun target capaian 1.000 orang sehari bagi masyarakat maritim dan Keluaga Besar TNI Angkatan Laut, dimana masyarakat sudah menjalani vaksin pertama dan sudah lebih dari 28 hari untuk bisa menerima vaksin kedua. 

Sementara itu Lantamal I  sudah menggelar serbuan vaksinasi massal sebanyak 14 kali dibeberapa tempat diwilayah Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang. Sampai dengan saat ini sudah melaksanakan vaksinasi pertama dan kedua kepada masyarakat maritim kota Medan dan Keluarga Besar TNI Angkatan Laut  sebanyak 14.183 orang ditambah hari ini dengan target 1.000 orang namun biasanya akan lebih karena antusias masyarakat yang ingin dapat divaksin sangat tinggi sehingga masyarakat yang sudah berhasil divaksin lebih dari 15.000 orang. 

Dalam pelaksanaan vaksinasi tetap dilaksanakan sesuai prosedur kesehatan Covid-19  dimana masyarakat setelah selesai divaksin, dihimbau untuk tetap tinggal ditempat untuk menjalani observasi selama 30 menit guna mengetahui reaksi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) atau efek samping dari vaksin Covid-19 tersebut dengan tujuan apabila terjadi gejala yang tidak diinginkan akan dapat ditangani dengan cepat.

Dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan harus memakai masker, menjaga jarak dengan tidak bergerombol yang selalu dingatkan oleh anggota Babinpotmar, Yonmarhan I dan personel Pomal  yang ikut membantu dalam mengatur peserta vaksinasi. 

Untuk mendukung pelaksanaan  kegiatan vaksinasi massal diterjunkan tenaga kesehatan sebagai vaksinator sebanyak 7 Tim yang terdiri dari 2  Tim dari RSAL Komangmakes Belawan, 2 Tim dari Dinas Kesehatan Lantamal I dan RS. PHCM, RS. Ishmun, Puskesmas Belawan masing-masing 1 Tim. (PS/SAMSUL B HASIBUAN)

Komentar Anda

Terkini: