Banjir Landa Sejumlah Titik Lokasi Di Kabupaten Labuhanbatu, Ratusan Rumah Terendam Air

/ Selasa, 17 Agustus 2021 / 22.27.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM - LABUHANBATU - Diguyur hujan 2 malam berturut -turut, membuat beberapa lokasi di wilayah Kabupaten Labuhanbatu dan sekitarnya tergenang banjir, Senin (16/8/2021). 

Sejak Senin pagi (kemarin) tim BPBD Kabupaten Labuhanbatu turun ke lokasi-lokasi banjir untuk menginventarisasi sekaligus memberi bantuan yang instan bersifat sangat diperlukan rakyat yang terkena banjir.

Pj.Bupati Labuhanbatu Mulyadi Simatupang menghimbau, agar masyarakat yang terkena banjir untuk mewaspadai apabila terjadi turun hujan kembali secara terus menerus. Karena dikhawatirkan ada banjir susulan.

 

"Masyarakat lebih meningkatkan kewaspadaan. Curah hujan belum bisa diketahui lebih jelas. Untuk itu, kita akan koordinasi dengan BMKG untuk mengetahui prakiraan cuaca untuk melakukan kesiagaan bencana banjir ini,"ujar Mulyadi.

Mulyadi juga berpesan kepada aparatur pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu. seperti perangkat Desa, Camat dan petugas kebencanaan seperti BPBD agar siap siaga membantu masyarakat yg terkena banjir, untuk mengantisipasi kemungkinan besar hal yang akan terjadi.

"Kita telah sampaikan kepada jajaran, agar melakukan mempersiapkan alat - alat yang dibutuhkan seperti tenda, boat untuk evakuasi, selimut, obat - obatan, dan stok makanan untuk warga yang berdampak banjir,"ucapnya.

Pantauan poskotasumatera.com, lokasi banjir yang cukup parah terjadi di kota Aek Nabara Kabupaten Bilah Hulu. Banjir menggenangi ruas jalan lintas Aek Nabara - Kotapinang. Tepat di jalan lintas sumatera seputaran Desa Emplasment, yang terletak kantor Camat Bilah Hulu yang juga ikut terendam banjir sejauh lebih kurang 200 meter dengan ketinggian air lebih kurang 2,5 meter. Banjir juga sampai ke pasar Aek Nabara dengan ketinggian air lebih kurang setengah meter.

Banjir juga menggenangi jalan lintas sumatera Desa Perbaungan. Tepatnya di seputaran dekat proyek Galian C. Akibatnya, dua lokasi jalan tersebut menyebabkan kemacetan panjang. Puluhan rumah warga terendam banjir hingga ada beberapa unit sampai ke atap rumah warga.

Camat Bilah Hulu Hamdi Erazona Siregar terkait hal tersebut mengatakan, pihaknya telah memerintahkan Kepala Desa yang warganya terdampak banjir untuk dapat memberikan bantuan dan mendata secara real warga.

"Untuk desa - desa yang terdampak banjir, kita telah berikan bantuan. Para Kepala Desa yang warganya terdampak banjir, agar di data dengan berkas yang sah dan sesuai identitasnya. Hal ini akan kita tindak lanjuti ke Pemerintah Kabupaten,"ujar Hamdi.

Demikian halnya, dilokasi banjir seperti daerah Sibuaya, desa perbaungan Aek Nabara, Lingkungan Balai Desa, Kelurahan Sirandorung. Terlihat tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Labuhanbatu dipimpin langsung oleh Plt. Kaban BPBD Atya Muktar membantu mengevakuasi warga menyelamatkan barang-barang dan warga serta mendata kerugian dan dampak dari bencana tersebut. (PS/Ricky)

Komentar Anda

Terkini: