Bupati Minta Jemaah Salat Subuh Agar Tetap Patuhi Prokes Covid-19

/ Rabu, 11 Agustus 2021 / 13.45.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H Dolly Pasaribu, SPt MM, sering melakukan kunjungan ke Masjid Jami' yang ada di desa-desa, Minggu (8/8) singgah di Masjid Ath-Thohiriyah, Desa Tahalak Ujung, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapsel, yang kebetulan di masjid itu digalakkan gerakan salat subuh berjamaah (GSSB).



Salat subuh merupakan salat yang paling di anjurkan oleh Allah SWT untuk di lakukan secara berjamaah. Pasalnya salat subuh merupakan salat yang paling berat di lakukan secara berjamaah. Namun di balik semua itu, salat subuh ternyata memiliki beberapa keutamaan, seperti bisa memperkuat persatuan dan kesatuan, membuka rezeki dan masih banyak lagi keutamaan salat subuh berjamaah ini,” kata Dolly.


Menurutnya, sebagai pemimpin umat islam, Rasululluah SAW dahulu kerap menjadikan salat subuh untuk menjalin hubungan dengan masyarakat sehingga tercipta ikatan emosional lebih kuat antara pemimpin dengan masyarakat.


“Memang berat sekali untuk rutin atau konsisten dalam melaksanakan salat subuh secara berjamaah. Pertama karena melawan rasa kantuk yang sangat, kemudian malas berjamaah atau malas ke masjid. Tapi yakinlah bahwasanya orang yang bisa mengamalkan salat subuh berjamaah itu pasti orang yang memiliki spirit dan semangat yang luar biasa,” imbuhnya.


Oleh karenanya, Dolly mengajak kepada semua masyarakat muslim untuk dapat menggalakkan Gerakan Salat Subuh Berjamaah (GSSB) secara berkelanjutan. Dengan adanya gerakan salat subuh berjamaah diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.


Disamping itu, Bupati mengingatkan kepada masyarakat bahwa penyebaran Covid-19 di Sumatera Utara (Sumut) masih berada di urutan kelima se-Indonesia . Tentunya Tapanuli Selatan turut berkontribusi dalam penularan Covid-19 Dia berharap, kiranya jamaah masjid mampu berkontribusi untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan aktif memakai masker. 


Kemudian, setiap usai melakukan kegiatan agar selalu mencuci tangan dengan sabun. Diakui Bupati, mungkin sebagian warganya ada yang merasa bosan dan capek dalam menggunakan masker dan lainnya. Namun lantaran, masih ada yang menderita atau bahkan meninggal akibat Covid-19 di Tapsel, maka mau tak mau masyarakat harus patuhi protokol kesehatan (Prokes).


"Meski di Tapsel kini jalani pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3, kami mengimbau warga untuk tetap datang salat berjamaah di masjid. Tentunya dengan mematuhi Prokes Covid-19," imbuhnya.


Sebelumnya Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Tapsel, H Akhirul Pane, MA, mengucapkan terima kasih kepada para jamaah yang telah ikut serta dalam mengambil bagian untuk salat subuh berjamaah. Di mana, pahalanya sangat besar yang diberikan oleh Allah SWT untuk kita dalam melaksanakan ibadah salat subuh berjamaah ini.


Kalaulah pemerintah mengadakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) akan tetapi kalau Dewan Masjid Indonesia (DMI) juga ikut serta mengadakan PPKM yakni perbanyaklah pergi ke masjid.


Mudah-mudahan Masjid At-Thohiriyah dan masjid-masjid yang ada di Tapsel dapat dimakmurkan oleh para jamaahnya, karena dalam QS At-Tawbah: 18 Allah SWT berfirman yang artinya; “Sesungguhnya hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir, serta tetap mendirikan salat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk”.


Selanjutnya dapat kami sampaikan kepada Bapak Bupati, bahwa kegiatan ini akan terus kita laksanakan setiap 1 kali dalam sebulan dan tentunya juga kami harapkan untuk PC DMI Kecamatan untuk dapat melaksanakan kegiatan ini di kecamatan masing-masing baik itu setiap hari, satu minggu maupun dua minggu sekali, terang Akhirul Pane.


"Mudah-mudahan kegiatan ini di ridhoi oleh Allah SWT dan semoga Bapak Bupati diberikan hidayah, inayah dan pertolongan dari Allah serta pemikiran yang cerdas dalam memimpin Tapanuli Selatan untuk mewujudkan masyarakat Tapsel yang lebih sehat, cerdas dan sejahtera".


Setelah itu dilanjutkan tausiah oleh Al-Ustadz Dr Zul Anwar Azmi MA dan dihadiri, Asisten Pemerintahan dan Kesra Hamdan Zen, Kakan Kemenag Tapsel Drs H Ihwan Nasution, Plt Kabag Kesra Cos Riady Siregar, Camat Batang Angkola Taufik R Lubis, pengurus DMI, pengurus BKM dan jamaah salat subuh. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: