Kapal Patroli Sea Rider Evakuasi ABK KM Berkas Surya yang Tenggelam di Alur Laut Belawan

/ Rabu, 11 Agustus 2021 / 02.08.00 WIB

 


POSKOTASUMATERA.COM-BELAWAN –Kapal Patroli Sea Rider Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan berhasil menyelamatkan Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Motor Ikan (KM) Berkas Surya yang tenggelam di Alur Laut Belawan, Selasa dinihari (10/08/2021). 

Danlantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono mengatakan, KM Berkas Surya jenis kapal ikan yang sedang berlayar  menuju spot penangkapan ikan tenggelam di Alur Laut Ringkai Belawan pada posisi : 03°48'107" U - 098°43'621" T. 

Saat ditemukan, katanya, kondisi kapal sudah hampir seluruhnya tenggelam yang kelihatan hanya haluan kapal saja sedangkan 4 orang ABK KM. Berkas Surya berenang untuk menyelamatkan diri dan terapung apung di laut dan diselamatkan oleh Kapal Patroli Sea Rider unsur Satrol Lantamal I. 

“Upaya pertolongan dan pencarian ini merupakan implementasi pelaksanaan perintah pimpinan TNI AL, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E. M.M. yang selalu menekankan kepada jajaran TNI AL agar memanfaatkan segala potensi yang dimiliki baik personel maupun Alutsista untuk kegiatan kemanusiaan seperti penanggulangan bencana dan SAR,” tegasnya.

Dijelaskannya, kejadian ini bermula berdasarkan informasi dari seorang masyarakat nelayan yang datang menggunakan boat sampan menyampaikan kepada Pos jaga alur bahwasannya ada sebuah kapal nelayan yang tenggelam di alur ringkai Belawan. 

Informasi ini juga diperkuat dengan laporan dari personel anggota jaga Pos TNI AL Gabion yang menghubungi Kapal Patroli Sea Rider jaga via telpon yang juga menginformasikan kejadian yang sama dengan yang  diterima dari nelayan. 

Untuk menindaklanjuti laporan tersebut Kapal Patroli Sea Rider unsur Satuan Patroli Lantamal I yang stand bye jaga alur pada  posisi : 03°48'476" U - 098°43'429" T /Alur Belawan aksi penyelamatan meluncur ke lokasi kejadian. 

Pada saat ditemukan kapal sudah hampir tenggelam hanya kelihatan haluannya saja pada posisi 03°48'107" U - 098°43'621" T. Kemudian Kapal Patroli Sea Rider menyisir sekitar lokasi untuk mencari Anak Buah Kapal dan menemukan 2 orang yang sedang berenang untuk menyelamatkan diri dan langsung memberi pertolongan dengan mendekati nelayan tersebut untuk dievakuasi. 

Kemudian dilanjutkan penyisiran kembali di sekitar lokasi karena informasi yang diberikan oleh nelayan ABK KM Berkas Surya ada 4 orang di kapal tersebut. Tidak berapa lama 2 orang yang kelihatan sedang mengapung-apung di laut diselamatkan personel TNI AL dan dievakuasi ke Kapal Patroli Sea Rider. 



Selanjutnya keempat nelayan ABK KM. Berkas Surya dibawa ke Pos TNI AL  Gabion Belawan untuk didata dan saat ini kondisi ABK ini dalam keadaan sehat serta tak mengalami luka. 

Sementara pemilik kapal KM. Berkas Surya atas nama bapak Fitra datang ke Pos TNI AL Gabion untuk menjemput ke 4 orang ABK yang telah diselamatkan oleh kapal patroli Sea Rider unsur Satuan Patroli Lantamal I.

Adapun data ABK yang berhasil diselamatkan, Ilham (40) merupakan Tekong Warga Jalan Binjai KM 12, Saimin (55) ABK warga Jalan Binjai KM 12, Ardian Siregar (21) ABK warga Kampung Nelayan Indah Medan Labuhan dan Fauzi I24) ABK warga Kampung Nelayan Indah Medan Labuhan. (PS/SAMSUL B HASIBUAN)

Komentar Anda

Terkini: