Pemkab Dairi Lakukan Tandatangani Nota Kesepahaman Dengan Bank Mestika

/ Selasa, 31 Agustus 2021 / 08.57.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM – DAIRI -  Pemerintah Kabupaten Dairi dan PT. Bank Mestika Dharma Tbk secara resmi menandatangani nota kesepahaman untuk memberikan pendampingan dan beasiswa pelatihan kepada para pelaku UKM di Kabupaten Dairi yang dikemas dalam kegiatan acara "Inkubasi Bisnis UKM Pemkab Dairi bersama Bank Mestika”, Senin (30/8/2021) di ruang Bentley, Regale Restaurant Medan.

Penandatanganan Nota Kesepahaman  dilakukan langsung oleh Presiden Direktur Bank Mestika, Achmad S. Kartasasmita bersama dengan Bupati Dairi  Eddy Keleng Ate Berutu. Kegiatan ini terselenggara berkat kegigihan Bupati Dairi,dalam merangkul berbagai pihak demi kemajuan dan keunggulan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Dairi, termasuk dengan menggandeng berbagai stakeholder terkait, diantaranya pihak perbankan Bank Mestika. Selain itu, acara ini merupakan bentuk komitmen Bupati dalam mendukung program Pemerintah Pusat dimana program Inkubasi UKM ini untuk memajukan hilirisasi industri, digitalisasi dan ekonomi hijau sebagaimana arahan dari Presiden Jokowi.

Presiden Direktur Bank Mestika, Achmad S Kartasasmita dalam sambutannya menyampaikan, guna membantu keberhasilan program ini, PT. Bank Mestika telah menunjuk Estubizi Network sebagai pendamping dan pelatih kepada 30 Pelaku UKM Dairi yang mendapatkan beasiswa. Pendampingan ini dilakukan selama 3 (tiga) bulan, dengan modul-modul menarik yakni dasar-dasar entrepreneurship, pengembangan produk, pemasaran/ penjualan, dasar-dasar keuangan dan perpajakan, kemasan dan membangun brand serta SDM dan operasional. 

"Dalam acara ini, kami berkomitmen melakukan pendampingan kepada 30 orang pelaku UKM di Pemkab Dairi. Diharapkan dengan adanya pendampingan ini, dapat meningkatkan kualitas dan kapabilitas para pelaku UKM agar dapat berkembang lebih maju," tuturnya. 

Achmad menuturkan, usai pelatihan Bank Mestika akan menilai pelaku usaha yang benar-benar serius serta akan memberikan pinjaman kredit terhadap pelaku usaha.

"Kita akan lihat siapa yang lebih berkembang usai kita lakukan pelatihan ini. Bagi yang serius, kita bisa berikan bantuan modal usaha," jelasnya.

Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu mengucapkan terimakasih kepada Bank Mestika atas inisiatif dalam mendukung pengembangan UKM di Kabupaten Dairi, karena sangat memberikan manfaat besar bagi para pelaku UKM khususnya di Dairi. Ia mengaku bahwa di masa Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini sangat memberi pengaruh signifikan terhadap kelangsungan bisnis UKM.

"Semoga dengan adanya pelatihan ini nantinya dapat meningkatkan kelas para pelaku UKM Dairi dan  membuka jalan diversifikasi pembiayaan untuk pengembangan bisnis kedepannya," tuturnya.

Dalam penuturan Bupati,pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) kini tengah menjadi prioritasnya, terlebih di masa Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini. Salah satu program yang dilaksanakan di tengah Pandemi Covid-19 yaitu memberikan Edukasi Entrepreneurship berkualitas tinggi secara terstruktur dan terpadu kepada para pelaku UKM Dairi. 

Penandatanganan nota kesepahaman Pemkab.Dairi dengan PT. Bank Mestika turut dihadiri kepala divisi kredit Bank Mestika, Kornelus Damanik, Kepala bagian legal Bank Mestika, Zulkarnaen, Korwil I Sumut, Darwin Gana, Kepala bagian corporate secretary, Suharto Kurniawan dan Kepala seksi corporate, Doris thianne, Asisten Pembangunan dan Perekonomian, Charles Bancin,  Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Dairi Rahmat Syah Munthe, Kadis Perindagkop Dairi Oloan Hasugian serta ketua TP PKK Kabupaten Dairi Ny Romy Mariani Eddy Berutu.

Bank Mestika menyerahkan secara simbolis 1 (satu) unit motor Viar kepada PMI Dairi yang nantinya akan digunakan untuk penyemprotan disinfektan di wilayah Dairi, bantuan ini diberikan kepada Ketua PMI Dairi, Elianor Sembiring sebagai salah satu bentuk kepedulian pihak perusahaan dalam membantu pemerintah Kabupaten Dairi dalam penanganan Covid-19. (PS/K.TUMANGGER).

Komentar Anda

Terkini: