Perss Police Minta Pemkab Labuhanbatu Bersikap Transparan Atas Penggunaan Anggaran Covid

/ Selasa, 24 Agustus 2021 / 19.41.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM - LABUHANBATU - Meningkatnya angka pasien covid 19, menjadikan Kabupaten Labuhanbatu masuk pada level 4 atau zona merah. Pemerintah Kabupaten bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) terus gencar melaksanakan sosialisasi penanganan pandemi covid 19 kepada seluruh masyarakat.

Namun disisi lain, dengan gencarnya Forkopimda Kabupaten Labuhanbatu, terkhusus Satgas penanganan covid 19, mendapat kritikan dari Group paguyuban Wartawan, yakni Ketua Press Police Abi Riduwan Pasaribu SH.

Abi Riduwan mengatakan, penanganan covid 19 yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu harus bersikap transparan atas penggunaan anggaran penanganan civid 19 di tahun 2021 ini.

"Kita beri apresiasi Pemkab Labuhanbatu dalam penanganan covid 19. Namun, situasi Level 4 dengan Zona Merah yang terjadi akibat pandemi Covid-19 bukan alasan bagi Pemkab Labuhanbatu untuk tidak transparan,"ujarnya.

Perlu digaris bawahi, lanjut Abi Riduwan, dalam situasi darurat, prinsip transparan dan akuntabilitas harus dijunjung tinggi.

"Tidak bisa dinomor duakan. Penggunaan anggaran berasal dari APBD dan APBN, publik harus mengetahui. Transparansi pengunaan anggaran itu juga diperlukan menyusul banyaknya inisiatif masyarakat yang mengumpulkan donasi berupa uang dan barang untuk penanganan Covid-19,"Ungkap Jurnalis Surat Kabar Harian tersebur.

Hal ini diperlukan supaya donasi yang dikumpulkan Perusahaan, pengusaha atau masyarakat selaras dengan pengadaan kebutuhan untuk menangani Covid-19 yang dilakukan Pemerintah.

"Harusnya pemerintah bisa memberikan informasi yang lebih jelas, berapa banyak masyarakat yang melakukan sumbangan uang, pengusaha, perusahaan baik itu barang. Kalau barangnya, APD-nya sudah berapa banyak, kemudian yang dibutuhkan pemerintah berapa banyak,"terangnya.

Abi mengatakan, informasi semacam itu masih sulit untuk diakses publik. Padahal informasi itu penting karena pengadaan terkait Covid-19 ini akan berpengaruh pada berapa banyak nyawa yang dapat diselamatkan.

"Melalui saluran media, berapa peruntukan anggaran dana, berapa yang sudah tersalurkan untuk penanganan covid 19. Pemkab Labuhanbatu mempunyai akses Dinas Kominfo. Jika tertera di halaman Website Dinas Kominfo, masyarakat akan lebih jelas melihatnya,"jelasnya. (PS/Ricky)
Komentar Anda

Terkini: